Friday, December 2, 2011

Aku Ingin Menullis


Hari ini aku berkata pada lampu emergency kecil berharga lima puluh ribu kepunyaaan ku, kepada modem ,kepada charger handphone, bahwa aku ingin menulis .Menulis apa saja yang aku bisa , tak peduli betul atau salah ,karena setahuku  ,lakukanlah apapun yang kau ingin lakukan secara istiqomah dan kelak akan menjadi sesuatu yang hebat.Aku menulis dengan tidak adanya kerangka karangan .Apa semua tulisan harus memiliki kerangka karangan?.Bagaimana dengan penulis- penulis terkenal yang sudah tidak memperdulikan kerangka karangan lagi untuk menulis karena mereka sudah mengimajinasikan dan mematrikan segala sesuatu yang ia ingin tulis .Sedangkan aku hanya seorang anak kecil bau ingus yang sudah tidak beringus yang hanya ingin mencoba menulis.Mengapa aku ingin menulis ,aku terinspirasi sebuah novel berjudul Ranah Tiga Warna yang ditulis oleh Ahmad fuadi. Ia menceritakan bagaimana kesulitannya belajar menulis dengan Bang Togar ,kakak tingkat nya di komunitas majalah kampus yang karya nya sudah sering dimuat di koran lokal maupun nasional.Bang togar memotivasi ,dan mengajari bang Ahmad Fuadi untuk menulis,lalu aku termotivasi untuk menulis dari karangan bang Ahmad Fuadi yang menulis novelnya.Sungguh menulis dapat menggerakkan hati ,langkah ,pikiran bahkan jalan hidup seseorang.Dengan sebuah tulisan orang dapat mengubah ideologinya,bahkan dapat berpindah agama,atau menjadi warga negara lain .Itulah efek menulis yang manjadikan orang berkhianat.Dari sebuah tulisan orang dapat termotivasi untuk menulis ,membaca ,berbicara ,dan menerjemahkan itulah efek dari menulis yang menjadikan orang belajar untuk berbahasa .Sebuah tulisan dapat membuat orang pandai menjahit,bisa bermain bola,bisa membuat nasi goreng padang yang enak itulah keajaiban dari sebuah tulisan yang dapat membuat seseorang menambah softskill (sebuah istilah yang sering dipakai mahasiswa di lingkungan kampus untuk kemampuan atau skill skill lain yang didapatkan di luar ajar mengajar di kelas).Aku ingin menulis tentang hubungan internasional.Aku ingin menulis mengenai politik,ekonomi,hukum, komunikasi ,bisnis dan psikologi.Aku ingin menulis sebuah karya sastra yang kata dosen mata kuliah Pengantar Ilmu Sastra ku sebuah karya sastra yang baik harus menghibur,bermanfaat dan menggerakan.Aku ingin menulis mengenai hujan,batu,langit,sungai,pohon ,kulit ayam ,kucing anggora ,ternak ikan,susu kambing dan pisang goreng.Ini lah tulisan ku yang aku tulis karena keinginan ku yang besar untuk menulis.Aku menulis agar aku membaca.Aku menulis agar aku bermanfaat .Aku menulis agar aku mendapat ridho Allah.Aku hanya ingin menulis .

Friday, October 14, 2011

Pernah makan bakso

Pernah ku makan bakso .
Waktu Sma tepatnya. Bakso itu besar ,sebesar bakso itu.Teman teman memakan bakso juga.

Bakso enak.
Ada yang bilang bakso gak enak.
Tapi aku bilang bakso akan selalu enak.
Buktinya ada lagu “abang bakso”
Buktinya disamping pontrakan bapaknya iyan jualan bakso ,enaaaaaaakkkk







video




Itulah kisah bakso perkoso
Selalu bahagia saat dimakanso

Maafkanlah bakso karena dia sudah menjadi enak.
Jadikanlah dia Sang Bakso
Yang tak kenal lelah mengenaki orang orang





Monday, October 10, 2011

Lagu Apa Yang Tidak Kamu Suka ?

Pernah ada seorang anak kecil bertanya pada tetangganya yang 20 tahun lebih tua daripada dia .Berikut percakapan mereka berdua

Kakak kakak tetangga 20 tahun lebih tua dari anak kecil  :   (belum ngomong karena belum ditanya )

Anak yang lebih muda 20 tahun dari kakak kakak tetangga : kak kenapa di dunia ini ada lagu ?

Kakak kakak tetangga 20 tahun lebih tua dari anak kecil   : (hanya diam )

Anak yang lebih muda 20 tahun dari kakak kakak tetangga : Kenapa kamu hanya diam ?,Lalu lagu apa yang
                                                                                              kamu suka ?
Kakak kakak tetangga 20 tahun lebih tua dari anak kecil   :  (tetap diam )

Anak yang lebih muda 20 tahun dari kakak kakak tetangga :  Lalu lagu apa yang tidak kau suka kak ?

Kakak kakak tetangga 20 tahun lebih tua dari anak kecil   :   Semua lagu ,karena aku tidak bisa mendengar                                                                        

                                                                                                 semua lagu ,dan takkan ada lagu yang kudengar,,jadi aku tidak akan suka lagu

Anak yang lebih muda 20 tahun dari kakak kakak tetangga : kalau begitu kakak tetap bisa bernyanyi dengan lagu yang kakak ciptakan , buatlah lagu dan nyanyikanlah , itu akan menjadi lagu kesukaanmu

Tuesday, October 4, 2011

Berulang ulang

Kenapa dalam kehidupan ini ada sesuatu yang harus diulang-ulang sebagai contoh adalah kata ulang .Salah satu contoh dari kata ulang adalah ulang-ulang.Kalimat sebelum ini pun di ulang ulang dari kalimat sebelumnya.Kupu-Kupu dan Kura-kura,kenapa tidak kupu saja atau kura saja.Itu semua ada penyebabnya ,mungkin kalau kupu- kupu  itu hanya kupu maka tidak akan ada obat sakit perut cap kupu kupu yang ada hanya cap kupu tapi apa mungkin sang pembuat obat  mau menggunakan kata kupu.Hari-Hari,Bulan-Bulan,Tahun-tahun semua dibuat berulang ulang.Pertanyaannya adalah bagaimana sih sebenarnya hal yang lumrah tersebut menjadi sesuatu yang sangat berarti,berharga ,berat,bergembira dan bersendawa?. Semua tidak bisa dijelaskan dengan  akal sehat lelaki-lelaki yang tidak pernah menyimpan tiket bisnya.Mungkin yang bisa dilakukan hanya ucapan-ucapan terima kasih terima kasih.Jangan pernah melihat dengan telinga karena hidung untuk mengigau,mulut untuk meracau,dan tangan menuliskannya.Sekali lagi terima kasih.

Lagu Buatan saya untuk berulang ulang


teri
teri
menggantung di pinggir casan lap top

mama
mama
sedang memasak buah nangka teri

kakak
kakak
bercelana polkadot dot dot dot

sih
sih
jangan lupa bayar zakat fitrah

terimaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Kasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhh

Thursday, September 29, 2011

Paud Solusi Bagi Anak Dan Orang Tua

Apakah pendidikan awal anak yang anda pilih untuk anak anda  ? Jika pertanyaan ini diajukan pada orang tua pada saat tahun 1995 atau 1996 maka ia akan menjawab taman kanak-kanak.Berbeda dengan keadaan saat ini ,orang tua kebanyakan pasti  akan menjawab PAUD atau playgroup lah yang mereka pilih.PAUD atau pendidikan anak usia dini sebagai segenap upaya pendidik(orang tua,guru ,dan orang dewasa lainnya dalam memfasilitasi perkembangan dan belajar anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui penyediaan berbagai pengalaman dan rangsangan yang bersifat mengembangkan,terpadu,dan menyeluruh sehingga anak dapat berkembang secara sehat dan optimal sesuai dengan nilai norma yang dianut.(FIP UPI,2007:95).Menurut saya,PAUD sebagai adaptasi sosial terhadap tuntutan pendidikan yang lebih dini dan  solusi dari kesibukan orang tua .
            Orang tua pada masa dahulu memiliki kebingungan ketika mereka mau menitipkan anak-anaknya ketika mereka hendak bekerja .Biasanya para orang tua membawa anak-anak  mereka ke tempat mereka bekerja atau menitipkan ke rumah saudara atau orang tua dari  para orang tua ini.Orang tua masa sekarang memiliki kesibukan pekerjaan namun juga dituntut untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya .Paud sebagai alternatif tempat penitipan anak saat ini,dimana orang tua bisa tetap bekerja dan menitipkan anaknya di tempat yang akan membuatnya berkembang sesuai dengan anak-anak seusianya

Orang tua dituntut unutk memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anaknya .PAUD memberikan solusi bagi perkembangan anak usia dini.Dalam konteks perkembangan anak,PAUD memiliki lima fungsi dasar,yakni : (1)pengembangan potensi, (2) penanaman dasar-dasar aqidah keimanan,(3) pembentukan dan pembiasaan perilaku yang diharapkan ,(4) pengembangan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan ,serta (5) pengembangan motivasi dan sikap belajar yang positif (FIP UPI ,2007:96 ).Banyak yang akan didapatkan anak pada saat ia berada di PAUD yang di kelola oleh sebuah lembaga atau yayasan, mereka akan mendapatkan pendidikan yang lebih dini namun tetap sesuai dengan umurnya seperti belajar membaca huruf- huruf abjad,bernyanyi dan menulis.Selain mereka belajar hal hal tersebut anak-anak juga dapat besosialisasi dengan teman teman sebayanya .Disana juga anak- anak dapat mengembangkan kreativitasnya .
.
Anak anak usia dini memiliki tempat yang tepat bagi mereka dikarenakan perlunya pendidikan sejak dini bagi mereka dan sebagai solusi bagi orang tua yang menitipkan anaknya ketika mereka sedang bekerja.Yang terpenting adalah memberikan porsi yang tepat pendidikan anak –anak bagi usia dini tersebut.Jangan terlalu menekan dan menuntut karena pada saatnya anak akan berkembang sesuai umurnya .
Daftar Pustaka
FIP UPI.2007.Ilmu Dan Alikasi Pendidikan.Bandung:IMTAMA


Sebagai Tugas Kebudayaan Indonesia  Sastra Asia Barat UGM

Friday, September 23, 2011

Tercemarnya Sungai Ciliwung


Sungai ciliwung adalah sungai yang melintasi Kabupaten bogor,Kota Bogor,Kota Depok dan Jakarta.Mata air utama Sungai Ciliwung berada di Gunung Gede dan Pangrango (Jurnalis kompas,2009:48).Sungai ciliwung sangat berbeda saat zaman dahulu dan zaman sekarang .Sebuah situs greenconcept-ipb.blogspot.com menyatakan menurut catatan sejarah, sejak awal abad ke-15, Sungai Ciliwung sudah menarik perhatian Belanda yang kala itu menguasai Jakarta (dulu Batavia). Sungai tersebut diberdayakan untuk menjadi jalur pelabuhan perdagangan berskala internasional.
Sejarah tinggal menjadi kenangan sekrang Sungai ciliwung telah tercemar akibat perbuatan manusia.Sebagian besar penduduk yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung hidup alam kemskina .Selain karena kemiskinan ,rusaknya lingkungan ciliwung juga disebabkan oleh pertambahan penduduk yang erus menerus dan tak terkendali di sepanjang bantaransungai tersebut.Seiring dengan itu,semakin beragam dan kompleks,pula aktivitas manusia yang merugikan kelestariannya. (Jurnalis kompas,2009:39).Kualitas air Ciliwung sangat jauh dari higienis.Selain kotor oleh limbah rumah tangga dan limbah industri,kegiatan pertanian warga yang tinggal di darah alirannya juga menambah pencemaran sungai tersebut .Berdasarkan  penelitian Kementrian Negara Lingkungan Hidup tahun 2007,sumber utama pencemaran Ciliwung,baik di daerah hulu maupun hilir,berasal dari pemukiman.Hal itu ditunjukkan dari tingginya kadar biological oxygen demand (BOD) di masing-masing lokasi,yaitu 39 persen dan 85 persen.kadar BOD menunjukkan kebutuhan oksigen oleh bakteri dan mikroba untuk menetralisir bahan organik.Semakin banyak bahan organik di sungai tersebut semakin banyak kebutuhan oksigen mikroba untuk mengurai bahan organik.Artinya,semakin kecil kandungan oksigen di sungai itu sehingga kondisi sungai semakin tercemar (Jurnalis kompas,2009: 41). Kualitas air ciliwung pun berada dalam kondisi Kelas IV.Artinya air hanya dapat digunakan untuk mengairi tanaman dan tidak layak dikonsumsi sebagai air minum(Jurnalis kompas,2009:51)Ada beberapa dampak  dari pola kehidupan masyarakat bantaran sungai ciliwung terhadap Sungai Ciliwung yaitu berubahnya keadaan geografis dan bencana banjir
Pencemaran sungai ciliwung menyebabkan perubahan fisik bantaran sungai.Perubahan fisik bantaran sungai di daerah perkotaan mengakibatkan penurunan fungsi jasa hidrologis vegetasi bantaran sungai. Menurut penelitian yang dilakukan Tarsoen menunjukkan, tiga bentuk struktur morfologi sungai di Jakarta, yaitu degradasi (20,3%) berbentuk huruf V akibat perilaku aliran yang kuat, agradasi (45,17%) berbentuk huruf U akibat sedimentasi endapan lumpur dan longsoran badan sungai, dan pasang surut (34,63%) berbentuk huruf U landai akibat pendangkalan. Makin ke hilir makin dangkal.
Pencemaran Sungai Ciliwung juga menyebabkan banjir .Hampir setiap tahun warga bantaran Sungai Ciliwung terkenan banjir. Warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung bisa dibilang akrab dengan banjir. Namun bencana banjir akibat meluapnya sungai mengalir di ibukota tersebut tetap saja membuat warga was-was dan kerepotan. Setiap banjir datang warga harus siap mengungsi dan ketika mulai surut warga disibukkan oleh sisa-sisa lumpur yang mengotori rumah.
Banyak sekali dampak yang disebabkan oleh tercemarnya Sungai Ciliwung beberapa diantaranya perubahan  fisik bantaran sungai dan bencana banjir yang sudah menjadi bencana tahunan.Saatnya kita peduli pada bumi kita yang telah memberikan kita banyak manfaat


Tugas mata kuliah kebudayaan Indonesia
Daftar Pustaka
Jurnalis kompas.2009.Ekspedisi Ciliwung,Jakarta. Buku kompas
http://greenconcept-ipb.blogspot.com sabtu 17 september 2011, 22.21
http://anasjuara1.blogspot.com/ 17 September  2011 ,06.40



Monday, August 15, 2011

Jangan di baca ( gak guna ) Part 1

Pagi tadi ,Ayam tidak berkokok mungkin sedang merokok ,langit bermendal mendul dan sungai yang jauh di sana mengalir semilir. Saya bangun dari tidur saya ,adik saya juga bangun. Kau tau siapa yang membangunkan ? Dia bangun sendiri karena mau sahur. Oh iya saya lupa dia tidak puasa jadi gak bangun untuk sahur.


Hari ini seperti biasanya saya menuruni tangga tangga papan ,yang saya takutkan setiap harinya adalah terjatuhnya diri ini dari sebuah tangga tanpa gagang yang sangat curam tapi alhamdulillah itu belum pernah terjadi dan semoga tidak terjadi.

Makanan sahur sudah siap yaitu udang goreng udah agak dingin ,nasi panas dan tidak ada saos hanya ada saos sekedarnya sisa kemaren kemaren yang masih terdiam di alas botol saos kecil ABC tapi hari ini saya tidak mau membaliknya karena menurut estimasi waktu butuh 10 sampai 20 menit agar saos itu berjalan mendekati tutupnya.Dan akan keburu imsak kalo nungguin nya.

Setelah menyahurkan diri saya pun segera menonton ovj sejenak lalu naik ke atas lagi untuk melanjutkan tidur .Tapi apa daya game biliar handphone menggoda saya .Saya bermain dengan lincahnya terkadang kalah terkadang menang .Oh iya beberapa hari ini saya mengalami insomnia yang salah satu penyebabya adalah game hp ini.Dasar game hp yang sungguh asyiiik.

Tau tau saja sudah waktunya subuh.Akhirnya diri ini sholat.

Setelah sholat berlangsung saya mencoba kembali untuk tidur di kasur empuk berspreikan ac-milan saya.Akhirnya Pulas juga tidur saya tak tersa dinyana nyana diri ini sudah tidur hingga jam 11 siang.

Perasaan untuk mandi pun datang tapi apa daya setan unbathable mengganggu untuk jangan mandi.Lanjut aja sayanya tidur lagi.



Hari ini mudah mudahan gak lagi lagi ( HIMMGLL)




Semalem saya baru bisa tidur jam 12 malem bukan karena tahun baru apalagi tahun lama tetapi penyebab utamanya adalah karena saya susah tidur.Tentu semua sudah tau apa itu istilah asing dari susah tidur .Yah betul 
INSOMNIA.


Padahal saya baru saja mengkomen kawan saya di facebook kalo gak salah dua hari yang lalu :

nama disamarkan( nshahsjzs) = wah insomnia nih aku ( waktu iu jam menunjukkan jam 11 malem)

komen dari aku  ; jam segini mah belum insomnia ,craig david aja masih karokean

DAN TIBA TIBA sekarang aku ngomong bahwa aku mengalami Insomnia.Manusia memang plin plan ,kemaren ngomong apa sekarang ngomong apa .

Tapi gak apa apa.


Saudara dan teman teman sekalian 

Menurut saya Insomnia itu berasal dari kata " somay di dalam perut nia "
kenapa bisa di bilang begitu karena menurut hipotesis saya  :

Misalnya  ada seorang gadis belia yang cantik jelita bernama Nia.Pada suatu malam ia sedang berjalan kaki dengan kedua temannya yaitu mira dan santika karena nia tidak dijemput ayahnya ketika baru saja pulang dari les bahasa inggris. Di tengah perjalanan mereka bertemu dengan abang abang somay yang sangat kharismatik .SI nia pun menegur  " bang ada somay gak ?
tiba tiba mira dan santika berbicara berbarengan  " bang bang masih gak sih somay nya?

Abang somay pun menjawab : Masih dik somaynya ,mau berapa bungkus?

Nia menjawab " empat  aja bang 

abang somay bertanya : loh kok empat dik ,Kan orangnya cuma tiga orang

Nia menjawab : SATU NYA BUAT ABANG horeeeeeeeeeeeeeeeeeee

Abang somay " terus siapa yang bayar ?
Nia menjawab : Mira donk eh santika denk , mirasantika aja deh 

Abang somay : oke dehhh

Somay pun jadi . Dimakan nya dengan lahap somay tersebut  oleh Nia .Dan Ia pun melanjutkan pulang ke rumah. 

Ternyata di rumah ia susah sekali untuk tidur.
Begitulah hipotesa saya mengenai asal kata Insomnia.

Maaf ya NIA.

Thursday, June 9, 2011

lampung Provinsi Asik


Analisis lagu dan video anak ”يا غنما تي” (sastra anak arab)

Menurut Teeuw dalam bukunya Pengantar Teori Sastra mengatakan ,Banyak definisi para ahli tentang sastra ,tetapi rumusan yang dihasilkan ssebagian ahli ditentang oleh sebagian ahli yang lain ,dan begitu sebaliknya.Ada pendapat khusus mengenai definisi sastra .Dalam sebuah buku yang berjudul A Critical Handbook of children’s Literature ,Lukens menyampaikan ,bahwa sastra adalah sebuah kebenaran yang signifikan yang diekspresikan ke dalam unusur unsur bahasa yang mengesankan.Sastra menawarkan dua hal utama yaitu kesengan dan pemahaman .Sastra memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan.Sastra terdapat dalam kehidupan orang dewasa maupun kehidupan anak anak.Dan sastra yang menjadikan anak anak sebagai pengamat utama disebut sebagai sastra anak.Anak anak dibatasi dari umur 0 hingga kurang lebih 12/13 tahun.Di dunia Arab pun terdapat sastra anak ada yang berupa dongeng ,cerita ,lagu ,puisi maupun buku gambar anak.Salah satunya video dan lagu anak arab yang berjudul ”يا غنما تي”.Menurut saya,ada beberapa nilai personal dan nilai pendidikan yang disampaikan oleh video dan lagu anak arab يا غنما تي”yaitu perkembangan imajinasi untuk mengembangkan nilai personalnya ,eksplorasi dan pengalaman ,dan pengembangan bahasa untuk mengembangkan nilai pendidikannya.
Video dan lagu anak arab”يا غنما تي”dipilih menjadi objek material dari tulisan ini karena memenuhi beberapa syarat yang dapat disebut sebagi sastra anak. Video dan lagu anak Arab ”يا غنما تي” menjadikan anak sebagai pengamat utama sebagaimana definisi sastra anak yang disampaikan Tarigan pada bukunya Dasar Dasar Psikosastra,Sastra anak adalah sastra yang mencerminkan perasaan dan pengalaman anak masa kini ,yang dapat dilihat dan dipahami melalui mata anak anak ,.Memberikan pemahaman tentang kehidupan terutama mengenai binatang dan alam. Unsur unsur kebahasaannya yang sederhana baik dalam kosa kata,struktur,dan ungkapan.Di dalam video dan lagu anak arab”يا غنما تي” disampaikan kata kata yang sederhana struktur ungakapannya sederhana yaitu  kalimat kalimat pendek yang terdiri dari dua sampai tiga kata dan diulang ulang .Bahasanya pun mudah dipahami oleh anak anak. Video dan lagu anak arab”يا غنما تي” terdiri dari sebuah lagu yang dinyanikan oleh orang dewasa ,gamabar gambar yang sederhana dan bergerak atau animasi yang sederhana dan lirik dari lagu tersebut.





Video dan lagu anak arab”يا غنما تي” cocok untuk anak anak pra sekolah yaitu berumur 3,4dan 5 tahun  dan juga anak anak masa awal sekolah yang berusia 6 & 7tahun .Pembagian anak pra sekolah dan anak masa awal sekolah berdasarkan usia anak dalam hubungannya dengan bacaan.Menurut Piaget ,dalam buku yang berjudul Psycho Islamic Smart Parenting karangan Muallifah, S.Psi ,pada usia ini anak mengembangkan keterampilan berbahasanya .Mereka mulai merepresentasikan benda benda dengan kata kata dan gambar.Bagaimanapun mereka masih menggunakan penaklaran intuitif ,bukan logis.Pada usia ini,ditandai oleh sifat egosentris serta memungkinkan anak untuk mengembangkan imitasi yang berbeda (differed imitation),mempelajari pemahaman (insight learning),dan kemampuan berbahasa ,dengan menggunakan kata kata yang benar serta mampu mengekspresikan kalimat kalimat pendek tapi efektif.

Sebuah karya sastra anak memiliki kontribusi yang besar terhadap anak diantaranya adalah  mendukung pertumbuhan berbagai pengalaman (rasa ,emosi,dan bahasa),personal (kognitif,sosial,etis  dan spiritual),eksplorasi dan penemuan ,juga petualangan dan kenikmatan ,sebgaimana pendapat Saxby.Selain itu sastra anak juga memberikan nilai personal ( personal values ) dan nilai pendidikan ( educational values) ,menuruk Huck dkk. Video dan lagu anak Arab”يا غنما تي” sebagai salah satu karya sastra anak memiliki kontribusi terhadap anak .Dari segi nilai personal ( personal values )  يا غنما تي” yaitu memberikan kontribusi yaitu perkembangan imajinasi anak. Dari segi nilai pendidikan ( educational values), video dan lagu anak arab”يا غنما تي” memberikan kontribusi pengembangan bahasa, serta eksplorasi dan penemuan.




Perkembangan imajinasi anak akan terstimulasi dengan video dan lagu ”يا غنما تي” sehingga akan tercipta daya imajinasi ( creative thinking) yang akan berkorelasi dengan daya cipta ,dan daya kreativitas.Muallifah S.Psi menyampaikan dalam bukunya yang berjudul Psycho  Islamic Smart Parenting, kreativitas adalah kemampuan menghasilkan suatu      pekerjaan atau hasil karya yang baru dan bermanfaat.Di dalam video dan lagu anak”يا غنما تي” terdapat animasi sederhana ,kambing ,pelangi,awan awan yang berjalan ,dengan warna warna yang cerah .Setting nya yang akan membawa anak keluar dari kesadaran ruang dan waktu ,kesadaran diri sendiri kemudian kembali dengan pengalaman yang baru.Gambar gambar dan animasi di dalam video dan lagu tersebut akan menstimulasi anak anak untuk membuat hal hal yang baru dengan cara apapun baik melukis ,menggambar,membuat cerita dan lain lain.








Di dalam video dan lagu anak”يا غنما تي” mengembangakan nilai pendidikan pada anak terutama eksplorasi dan penemuan.Di dalam video tersebut kambing muncul dengan suara ماء ماء yang di diperdengarkan secara berulang ulang .Dari suara kambing tersebut anak akan mengetahui bahwa binatang memiliki suara tertentu.Anak anak akan mengenal suara kambing yang mungkin belumn  dikenal sebelumnya.Dan juga terdapat pelangi pelangi yang muncul di dalam video didalam video dan lagu anak anak tersebut yang dapat memberi tahu kan kepada anak mengenai warna pelangi yang belum diktehuinya.Anak anak akan lebi mengeksplor apa yang ia dapat dari video dan lagu anak”يا غنما تي” dengan cara bertanya pada orang tua mereka.








Sastra yaitu seni bermediakan bahasa .Sastra berhadapan dengan dunia kata kata dengan bahassa .Nilai pendidikan yag akan disampaikan oleh video tersebut juga yaitu pengembanan bahasa.Di dalam video tersebut terdapat teks lagu yang di tampilkan berbarengan dengan kalimat kaliamat yang sedang dinyanyikan dalam video dan lagu anak ”يا غنما تي”.Berikut ini teks dari lagu dan video”يا غنما تي” :


يا غنما تي
يا غنما تي ماء ماء
غنّوا معا ي ما ء ماء
ردّوا علي ما ء ماء
شو أطعميكم ما ء ماء
ا مشوا وراي  ما ء ماء
انتوا حيا تي
 يا غنما تي ماء ماء 
غنّوا معا ي ما ء ماء
ردّوا علي ما ء ماء
شو أطعميكم ما ء ماء
ا مشوا وراي  ما ء ماء
انتوا حيا تي ما ء ماء
 يا غنما تي
يا غنما تي ما ء ماء
غنّوا معا ي ما ء ماء
ردّوا علي ما ء ماء
ردّوا علي
شو أطعميكم



video











Teks lagu yang ditampilkan secara bersamaan dengan keluarnya lagu ditulis dengan huruf yang besar dimana pada saat itu anak akan meningkatkan kemampuan membaca ,menyimak ,berbicara dan menulis .Kata kata nya pun sederhanaseperti menyapa domba betina,mengajak bernyanyi,mengajak berjalan di belakang,mengajak bersenang senang, dan memberi makan .Berikut ini beberapa cuplikan dari video dan lagu Arab ”يا غنما تي” :

Sebuah karya  sastra anak yang menumbuhkan daya imajinasi,memberikan pengetahuan pengetahuan dan mengembangkan kebahasaan seorang anak yang terdapat pada video dan lagu Arab ”يا غنما تي”  memberikan manfaat bagi kehidupan anak di masa mendatang .Diharapkan banyak para sastrawan dan kreator menghasilkan karya karya sastra anak yang akan mengembangkan nilai nilai kepada anak-anak.


oleh : M.Hifdzi khoir