Thursday, June 9, 2011

lampung Provinsi Asik





 Permainan Tradisional Panjat Pinang Topeng Sekura di Desa Pangkul


            “Orang bilang tanah kita tanah surga”sebuah kutipan lirik lagu untuk menggambarkan betapa indahnya Indonesia.Indonesia memiliki harta yang melimpah berupa sumber daya alam yaitu lautan yang luas , hutan yang asri ,emas,gas alam ,batu bara ,minyak  dan banyak lagi kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 5 pulau besar di dalamnya yaitu  Jawa, Sumatera ,Papua ,Kalimantan,dan  Sulawesi Indonesia  terdiri dari 33 provinsi.Berdasrkan artikel yang ditulis di situs wikipedia, Per Desember 2004, Indonesia terdiri dari 349 kabupaten/kabupaten administrasi dan 91 kota/kota administrasi   .Ada berbagai macam suku didalamnya beberapa di antaranya Suku Dayak, Suku Kubu, Suku Alas,Suku Asmat dan Suku Abung.

Indonesia mengakui enam agama resmi yaitu Islam ,Kristen Protestan ,Kristen Katolik,Hindu,Budha dan Kong hu chu.Indonesia merupakan negara yang memiliki penganut agama Islam terbanyak di dunia. Pada awal mulanya masyarakat Indonesia menganut agama Animisme,Dinamisme dan totemisme lalu datanglah agama Hindu Budha ke Indonesia  setelah itu muncullah pedagang pedagang Arab yang membawa Agama Islam , Agama kristen juga masuk ke Indonesia dibawa oleh para penjajah yang pada saat itu salah satu misinya menyebarkan agama kristen di Indonesia.Agama yang terakhir kali diakui oleh pemerintah Indonesia sebagai agama resmi yaitu agama Kong hu chu.


Setiap negara memiliki bahasa tersendiri.Beberapa negara hanya memiliki sedikit bahasa di dalamnya dan ada pula negara yang memiliki banyak bahasa di negaranya .Indonesia salah satu negara yang memiliki banyak bahasa di dalamnya.Hampir setiap provinsi memiliki bahasa daerah tersendiri. Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram), Nurachman Hanafi mengatakan, Indonesia memiliki sedikitnya 750 bahasa daerah sebagai bahasa leluhur yang merupakan warisan tak ternilai harganya. Di negara kita terdapat sekitar 750 bahasa daerah, akan tetapi masih banyak yang belum diteliti dan terbenam di perut ibu pertiwi,' ujarnya ketika menyampaikan makalah bertajuk 'Bahasa Daerah Sebagai Aset Nasional Bangsa' yang disampaikan pada Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Dalam Konteks Keindonesiaan II, di Mataram, Rabu (17/6). Dari banyak bahasa tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa dialek sebagai contoh di Provinsi Lampung terdapat bahasa daerah Lampung dan masih dibagi lagi menjadi dialek api dan  dialek nyow. .Keragaman bahasa di indonesia menunjukkan betapa beragamnya penduduk di Indonesia.

Dengan  beragamnya agama dan bahasa di Indonesia tentu memunculkan banyak budaya daerah di Indonesia .Salah satu komponen dari kebudayaan yaitu  kesenian.Kesenian di Indonesia sangat beragam mulai dari seni lukis,seni patung,seni tari ,lagu daerah ,seni pahat dan berbagai macam seni lainnya.Termasuk salah satunya adalah seni topeng.Dapat kita jumpai hampir daerah di seluruh di Indonesia memiliki seni topeng .Biasanya topeng digunakan untuk melakukan banyak hal seperti menari , melakukan ritual ,karnaval atau hanya sekedar sebagai penghias rumah.Menurut penjelasan Sulistyanto dalam sebuah buku “Seni dan Budaya”,Di daerah jawa terdapat topeng beberapa seni topeng dari daerah Jawa adalah tari topeng klana dari Yogyakarata,tari topeng Samba dan tari topeng cirebon berasal dari Jawa Barat .(Sulistyanto,2009;hal 56-57).Tari Topeng Cirebon salah satu tari topeng yang terkenal dari daerah Jawa Barat. Pada awalnya tari topeng di cirebon digunakan oleh Sunan Gunung Jati sebagai media dakwah untuk menyebarakan agama Islam.Tari topeng Cirebon memiliki kekhasan yaitu wajah yang ekspresif ,menarik, menyeramkan,hidup dan mempunyai kekuatan magis (Sulistyanto,2009;hal 57).Di pulau kalimantan juga terdapat beberapa seni topeng salah satunya adalah Tari Topeng Kutai .Tari topeng kutai hanya disajikan untuk kalangan keraton saja yaitu sebagai hiburan keluarga dengan penari penari tertentu .Tarian ini juga biasanya dipersembahkan pada acara penobatan raja , perkawinan , kelahiran dan penyambutan tamu keraton.(Sulistyanto,2009;hal 55-56). Suku Dayak menggunakan topeng dalam Tari Hudog yang sering dimainkan dalam upacara keagamaan dari kelompok suku Dayak Bahau dan Modang. Tari ini dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak. Topeng yang digunakan berwarna hitam, putih, dan merah yang melambangkan kekuatan alam yang akan membawa air dan melindungi tanaman yang mereka tanam hingga musim panen tiba. Di pulau dewata Bali juga terdapat tari topeng salah satunya yaitu Tari Topeng Tua.Ada seorang penari topeng senior yang patut kita apresiasi beliau adalah Mimi Rasinah “sang maestro” tari topeng dari desa Pekandangan  Kabupaten Indramayu .Dalam setiap penampilannya ,Rasinah senantiasa atraktif .Di balik topeng yang ia kenakan  ,Rasinah  menjelma menjadi sosok penari yang penuh energi dan kreasi.Rasinah pernah menggelar tari topengnay di negeri Sakura, Jepang .Dalam misi pertukaran Budaya Indonesia pada tahun 2002,bersama sejumlah seniman Indramayu ,Rasinah pernah melanglang buana ke sejumlah negara di kawasan Eropa.( Sulistyanto,2009;hal 64 )


Lampung sebuah provinsi paling timur di Pulau Sumatera  berbatasan langsung dengan pulau Jawa yang dipisahkan oleh Selat Sunda.Lampung beribu kota di Bandar Lampung.Sebuah buku yang berjudul “mengenal adat budaya dan kekayan Indonesia dijelaskan bahwa,Lampung terdiri dari 14 kabupaten dan kota yaitu kota Bandar Lampung ,kota Metro, Kabupaten Lampung Barat , Kabupaten Tanggamus ,kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur , Kabupaten Lampung Tengah ,Kabupaten Lampung Utara,Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Tulang Bawang dan beberapa kabupaten baru yaitu Kabupaten Tulang Bawang Barat , Kabupaten Mesuji , Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran.(tim media vista,2009;hal 40)
       
Lampung merupakan kawasan yang strategis karena menghubungkan langsung transportasi  Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Lampung terdiri dari daerah pantai ,bukit ,terdapat juga gunung dan hutan lindung .Daerah pantai di Lampung menjadi hal yang sangat menarik terutama di daerah krui karena memiliki ombak yang begitu besar dan turis mancanegara banyak sekali yang berkunjung kesana untuk berselancar.Salah satu yang terkenal di kalangan turis adalah Pantai Tanjung Setia.Pantai ini cocok sekali untuk berselancar karena mempunyai ombak yang tinggi.Bukit Barisan juga merupakan hutan lindung di Sumatera yang terdapat di Provinsi Lampung.Gunung yang pernah meletus sangat dahsyat yaitu Gunung  Krakatau juga terdapat di Provinsi Lampung.Gunung Krakatau yang terdapat di Lampung sekarang merupakan anak dari Gunug Krakatau yang pernah meletus pada  tahun 1883.

Ada banyak kesenian di Provinsi Lampung seni tari ,seni musik , seni lukis,dan sastra.Seni tari dilampung salah satunya adalah Tari Sembah.Tari sembah biasanya menjadi tari pembuka di acara acara resmi seperti acara pelantikan kepala daerah,acara pernikahan ,dan acara sekolah.Sebuah artikel di situs wikipedia menjelaskan, Sebagaimana sebuah daerah, Lampung memiliki beraneka ragam jenis musik, mulai dari jenis tradisional hingga modern (musik modern yang mengadopsi kebudayaan musik global.red). Adapun jenis musik yang masih bertahan hingga sekarang adalah: Klasik Lampung, jenis musik ini biasanya diiringi oleh alat musik gambus dan gitar akustik. Mungkin jenis musik ini merupakan perpaduan budaya Islam dan budaya asli itu sendiri. Di Lampung terdapat sebuah seni tenun yaitu tenun Kain Tapis.Situs Wikipedia menjelaskan dalam artikelnya ,Kain Tapis adalah pakaian wanita suku Lampung yang berbentuk kain sarung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistim sulam (Lampung; "Cucuk"). Dengan demikian yang dimaksud dengan Tapis Lampung adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung. Jenis tenun ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung yang terbuat dari benang kapas dengan motif seperti motif alam, flora dan fauna yang disulam dengan benang emas dan benang perak. Tapis Lampung termasuk kerajian tradisional karena peralatan yang digunakan dalam membuat kain dasar dan motif-motif hiasnya masih sederhana dan dikerjakan oleh pengerajin. Kerajinan ini dibuat oleh wanita, baik ibu rumah tangga maupun gadis-gadis (muli-muli) yang pada mulanya untuk mengisi waktu senggang dengan tujuan untuk memenuhi tuntutan adat istiadat yang dianggap sakral.  Salah satu tokoh kesenian dan sastra Lampung Isbedy setiawan z.s. Isbedy mulai bersentuhan dengan dunia sastra sejak bangku SMP tahun 1975. Sebelum terkenal sebagai penulis, ia tekun bertaeter bersama Syaiful Irba Tanpaka dan A.M. Zulqornain dalam Sanggar Ragom Budaya. Ketika STM, dia mulai menggeluti sastra, yaitu menulis puisi dan cerpen. Dia kerap membacakan sajaknya dari panggung ke panggung. Karya pertama Isbedy yang dimuat pertama adalah cerita pendek di Mingguan Swadesi. Sejak itu puisi, cerpen, dan esainya mengalir deras dan dimuat di berbagai media lokal dan nasional. Dia pernah diundang mengikuti berbagai kegiatan sastra di berbagai kota di Tanah Air, Malaysia, Thailand seperti Pertemuan Sastrawan Nusantara di Johor Bahru dan Kedah (Malaysia), Dialog Utara di Thailand, Utan Kayu Literary Festival, dan Ubud Writers and Readers International Festival.



Ada sebuah pesta rakyat yang  sangat menarik di Provinsi Lampung yaitu Pesta Rakyat Topeng Sekura. Sulistyanto menjelaskan dalam bukunya yang berjudul”Seni dan Budaya” Ada beberapa pengertian topeng,ada yang mengatakan topeng sebagi penutup muka (dalam bahasa Inggris= mask).Ada yang mengatakan topeng adalah rias muka saja ada juga yang mengatakan Topeng adalah nama Tarian (Sulistyanto,2009;hal 55-56 )

Topeng sekura merupakan topeng yang berasal dari Provinsi Lampung.Topeng Sekura terbuat dari kayu yang dipahat sedemikian rupa hingga menyerupai wajah manusia.Topeng Sekura merupakan topeng yang  menyerupai wajah manusia terdiri dari mata hidung ,dahi,dan pipi.Ciri khas yang dimiliki oleh topeng sekura adalah berupa wajah manusia yang jelek dan menghibur dan ada juga bentuk wajah topeng sekura yang menyeramkan .Biasanya ada bagian bagian wajah yang dibuat sangat aneh seperti bentuk hidung yang miring atau dagu yang terlalu panjang.Warna topeng sekura banyak sekali macamnya ada yang berwarna asli kayu dengan dipernis dan ada juga yang diberi warna lain seperti  warna hitam, putih ,atau merah dan warna warna lainnya.

Berangkat dari penelitian Lilia Aftika, ada dua versi asal-usul sekuraan. Versi pertama menyebutkan sekuraan sudah ada sejak zaman Hindu. Topeng-topeng yang dikenakan merupakan penjelmaan orang-orang yang dikutuk dewa karena berbuat tidak terpuji. Perbuatan tidak terpuji yang dimaksud adalah tidak mengakui adanya dewa yang patut disembah.Akibatnya, rupa mereka menjadi buruk.
Versi kedua, menurut Lilia yang menulis skripsi tentang seni sekura, menyebutkan sekuraan berasal dan bermula pada zaman Islam. Alasannya, pelaksanaan acara ini diadakan untuk memeriahkan dan menyambut Hari Raya Idulfitri dan umat yang merayakan Idul fitri adalah umat Islam.
"Tidak jelas tahun dan abad berapa acara ini mulai diadakan, tetapi menurut perkiraan, Islam menyebar di Lampung Barat sekitar abad ke-13. Dengan demikian, timbul anggapan sekuraan diadakan pertama kali sekitar abad ke-13," kata Lilia.
Lilia mengatakan versi kedua di atas tampaknya lebih meyakinkan dan lebih masuk akal. Alasan yang menguatkan, yaitu hari perayaannya menggunakan tanggal Islam dan hari raya Islam. Di samping itu, dalam pelaksanaannya tidak menunjukkan dan menonjolkan tokoh-tokoh seperti dewa-dewa atau nama-nama yang berkaitan ajaran Hindu. Sebuah blog ulunlampung.blogspot menjelaskan,Dilihat dari segi penokohannya topeng dalam sekura terdiri dari sekura anak, sekura tuha, sekura kesatria, sekura cacat, sakura raksasa, dan sekura binatang.Ada dua jenis sekura, yaitu sekura kamak dan sekura kecah. Sekura kamak berarti sekura kotor yang berfungsi sebagai penghibur bagi penonton. Sekura ini disebut demikian karena pakaian dan topeng yang dikenakannya kotor, misalnya busana tani atau tetumbuhan. Fungsinya menghibur pengunjung.Sedangkan sekura kecah berarti sekura bersih. Disebut demikian karena kostum yang dikenakan bersih-bersih dan rapi. Sekura jenis ini berfungsi sebagai pemeriah dan peramai peserta. Sekura inilah yang berkeliling pekon atau dusun untuk melihat-lihat dan berjumpa dengan gadis pujaannya, sekura kecah diperankan meghanai.

Pesta Topeng Sekura hanya terdapat di beberapa bagian daerah Provinsi Lampung.Berdasarkan penjelasan sebuah blog yaitu ulunlampung.blogspot.com,Pesta Topeng Sekura banyak terdapat di daerah Provinsi Lampung bagian pesisir seperti di daerah Kota Agung,Tanggamus dan Kabupaten Lampung Barat lebih tepatnya di Krui.
       
  Di Provinsi Lampung terdapat sebuah Kabupaten yang  bernama Kabupaten Tanggamus.Sebuah situs resmi Kabupaten Tanggamus mendeskripsikan,Secara geografis Kabupaten tanggamus terletak pada posisi 104°18’ - 105°12’ Bujur Timur dan 5°05’ - 5°56’ Lintang Selatan. Luas wilayah 3.356,61 km2 yang meliputi wilayah daratan maupun perairan. Satu dari dua teluk besar yang ada di Propinsi Lampung terdapat di Kabupaten Tanggamus yaitu teluk Semaka dengan panjang daerah pantai 200 km dan sebagai tempat bermuaranya 2 (dua) sungai besar yaitu Way Sekampung dan Way Semangka. Selain itu Wilayah Kabupaten Tanggamus dipengaruhi oleh udara tropical pantai dan dataran pegunungan dengan temperaturudara yang sejuk dengan rata-rata 28°C .Beberapa kawasan wisata di Kabupaten Tanggamus. Kawasan dataran tinggi Gisting dan Batu Keramat menyimpan potensi keindahan dimana dari ketinggian tempat kawasan ini dapat dinikmati udara sejuk pegunungan dangan pemandangan kesibukan Teluk Semangka yang dihiasi kapal-kapal tanker raksasa dan kapal nelayan serta pelabuhan laut Kota Agung. Terletak hanya 4 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus. Masuk ke wilayah Kecamatan Kota Agung, di wilayah dataran tinggi Batu Keramat (± 300 m dpl.), sebuah gapura menyambut wistawan yang tiba di wialyah ibukota kabupaten.Wisatawan disuguhi tambahan pemandangan indah hamparan Teluk Semangka yang terbentang luas. Pantai Terbaya yang terletak di sisi kiri jalan 3 kilometer menjelang pusat kota Kota Agung dari arah Bandar Lampung adalah obyek wisata-bahari yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan dan akhir-pekan. Posisi jalan raya dan pintu masuk lokasi berada pada ketinggian ± 25 m dpl. (diatas permukaan laut). Situasi ini memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan yang luas ke arah Teluk Semangka serta pantai berpasir yang rentangnya seolah tak bertepi di kedua ujungnya.

Di Kabupaten Tanggamus terdapat sebuah desa yang bernama Desa Pangkul.Menurut penjelasan Jatmiko Bunari seorang mahasiswa kedokteran hewan ugm yang merupakan warga asli desa pangkul menyatakan, Sebagian besar masyarakat Desa pangkul bermata Pencaharian sebagai petani, pedagang  dan nelayan.Desa pangkul masih sangat Asri karena disana masih banyak terdapat sawah ,sungai dan pohon pohon.Kehidupan masyarakat yang sangat Harmonis ditambah dengan kondisi alam yang begitu asri.Seperti di bagian pesisir Lampung  lainnya Desa pangkul,Kecamatan Wonosobo selalu mengadakan sebuah pesta rakyat yang merupakan pesta khas provinsi Lampung yaitu Pesta Rakyat topeng Sekura.Pesta Topeng Sekura di Desa Pangkul biasanya diadakan pada hari ketiga atau hari  Hari ke dua Raya Idul Fitri yaitu hari raya besar umat muslim.Pesta Rakyat Topeng Sekura diadakan selama tiga hari.Para pemuda Desa Pangkul sebagi komponen utama dalam pesta Topeng Sekura tersebut .Mereka yang mengenakan Topeng Sekura lengkap dengan atribut lainnya yaitu sarung yang dipakai dari atas kepala sampai setengah badan dan merka juga menggunakan pengikat kepala.Ada juga sebaian pemuda yang memakai Topeng Sekura mengenakan pakaian seperti wanita.Mereka memakai daster yang merupakan pakaian ibu-ibu.Ada beberapa acara yang dilaksanakan pada acara Pesta Topeng Sekura di Desa Pangkul.Para Pemuda Desa Pangkul yang memakai Topeng Sekura melakukan arak- arakan di sepanjang Jalan  Desa Pangkul.Mereka akan sedikit menari-nari dan juga bertingkah lucu.Sebagian pemuda yang lainnya yang juga memakai Topeng Sekura biasanya membawa ”rantang” atau “tempat besek” untuk meminta uang kepada warga yang menonton.Uang yang didapat digunakan untuk membeli ” rokok dan kopi” buat pemuda yang telah bersedia mengenakan Topeng Sekura dan melakukn arak- arakan .Masih berdasarkan penjelasan Jatmiko Bunari mengatakan ,Di hari berikutnya di Desa Pangkul diadakan panjat pinang .Para pemuda yang memakai Topeng Sekura dibagi menjadi beberapa kelompok dan mereka berlomba lomba untuk mendapat hadiah yang ada di atas pinang .Panjat Pinang biasanya diadakan di halaman rumah warga atau di lapangan.Ada sekitar dua sampai tiga pohon pinang untuk perlombaan Panjat Pinang tersebut.Di atas pohon pinang tersebut terdapat banyak hadian yang diperebutkan seperti pakaian, alat rumah tangga,dan makanan ringan.Pohon Pinang diberi oli bekas agar lebih menyulitkan peserta dibawah pohon pinang juga diberi lumpur yang basah agar ketika ada pemuda yang terjatuh atau terpeleset maka ia akan jatuh ke lumpur dan tidak terasa begitu sakit.
Pada awalnya Pesta Rakyat Topeng Sekura merupakan ajang para muda mudi untuk mencari pasangan,  dimana para pemuda yang memakai Topeng Sekura ingin menunjukkan kepada wanita yang dipujanya keberanian dan kekuatannya begitu juga dengan para pemudinya yang sedang mencari pemuda mana yang cocok dengannya.

Pesta Rakyat Topeng Sekura menjadi bagian menarik lainnya dari Provinsi Lampung dan juga merupakan kekayaan budaya Indonesia.Ada banyak kesenian dan tradisi di Indonesia yang harus kita lestarikan. Berkembangnya teknologi dan informasi tidak membuat kita lupa akan seni dan tradisi tradisional  yang merupakan Identitas bangsa kita.
By : Muhamad Hifdzi Khoir
Daftar Pustaka

Tim media vista,2009,Mengenal Adat Budaya dan Kekayaan Indonesia,Jakarta,Cikal Aksara
Sulistyanto Harry dkk,2009,seni dan budaya,Jakarta,Grafindo Media Pratama
http://id.wikipedia.org/
http://ulunlampung.blogspot.com








No comments:

Post a Comment