Wednesday, February 29, 2012

Karet Jam , Diare (29 Februari 2012)

Pernah nggak denger karet jam , karet jam adalah karet yang pura-puranya jam, biasanya sih orang gila yang pake ini . Kalau jam karet itu jam yang terbuat dari bahan karet.Rata-rata orang Indonesia tuh punya sama yang namanya jam karet tapi biasanya gak dipake di tangan tapi di mentalnya. Gua ngerasa malu banget sama orang Jepang yang ikut mata kuliah yang sama dengan gua.Kita tau orang Jepang sangat menghargai waktu .Waktu gua dateng ke kelas mata kuliah Contemporary history of Indonesia tadi, tuh orang Jepang udah duduk aja di kelas .Di kelas cuma ada dia doang. Salut gua , mana anak- anak yang lainnya ,padahal ini mata kuliah Sejarah tapi  anak -anak Jurusan Sejarah pada belum dateng. Karena ini baru pertemuan yang kedua dan gua akhirnya kenalan lah sama orang Jepang ini dengan Bahasa Inggris gua yang pas -pasan .Hello,my name is Hifdzi "kata gua kan . I'm Hikari nice to meet you,"kata dia.Gua sempet lupa apa jawaban dari nice to meet you ini .Maklum aja ini kan pelajaran SD,untung aja lupanya cuma lima detik gua inget lagi kalo misalnya ada orang Jepang ngomong nice to meet you berarti  kita harus jawab nice to meet you too.Wah keren juga gua ini "dalam hati gua.You from Japan"gua sambung lagi percakapan gua sama ini bule Jepang.YES"dia bilang. Are you Inculs student , gua tanya dia lagi ,ya biar dikira jago Bahasa Inggris sih. Yes,dbahhdbjnsiojcioapsncjbhaboufbcdnabhhbcilsnjioodcinjncjdfcndnjn", kurang begitu jelas dia ngomong apa soalnya dia cepet cepet ngomongnya. Gua ngangguk -ngangguk sambil bilang ,ooooooooohhhhhhhhhhh,biar dikira ngerti aja sih ,padahal mah iya .

                Gak kerasa udah jam satu lewat sepuluh menit. Seharusnya mata kuliah ini mulainya jam satu tadi tapi mana dosennya mana mahasiswa lainnya. Gua mulai lagi deh percakapan ama bule ini. E kamu e bisya bahasya Indonesiiaaa"gua buat bahasa Indonesia gua sok kebarat-baratan maklum om gua kan Alfonso d'alberqueque pancong. "Yaaaa sayyya bisya koqq bahasa Indonesia sedikit-sedikit saja karena saya baru disini lima bulan",bule Jepang tadi jawab.Gua lanjut lagi kan percakapan gua sama ini bule daripada diem-dieman kan,mana ini dosennya ya? ,jam segini belum dateng , di Indonesia memang orang orang suka telat ,kamu tau jam karet ? gua tanya dia. Ya saya tau hhheheheaahehaha "sambil ketawa-tawa nih bule jawab.Kalau orang jepang cepat-cepat ya orangnya tidak seperti Indonesia ,gua kasih statement ke tidaknasionalisan gua kepada mantan penjajah ini.Iya orang Jepang selalu in time ,On time denk "dia jawab. Gak kerasa waktu udah jam setengah dua . Mahasiswa yag lainnya juga pada gak dateng. Dalam hati gua berkata"wah kayaknya dosennya gak masuk nih . Eh Hikari sepertinya dosennya tidak masuk nih ,gua ngomong ke Hikari dengan rasa malu yang mendalam ,sedalam lautan Merapi.Eh,ternyata Merapi gunung bukan laut . Iya , ayo coba kita cek saja bersama ke sana , dia ngomong sambil nunjuk ke gedung FEB malah .Bukan sana ,tapi sana ,gua bales dengan rasa sombongnya sambil nunjuk FIB .Oh ,iya sana, Hikari jawab.Makan dulu sana!"gua jawab lagi (bo'ong ). Akhirnya kita berdua pergi ke kantor Jurusan Sejarah disana kita gak dapet Informasi yang bener. Akhirnya gua coba ke kantor wakil dekan ,pintu pun terkunci. Gua tanya ke ruang sidang satu juga gak ada jawaban ,soalnya itu ruangan kosong . Akhirnya gua tanya deh ke resepsionis yang ada di situ.Mas , Pak Akhyat ada mas ?. Mas itu pun menjawab 'wah gak ada masnya , tadi beliau katanya ada presentasi di rektorat.Oh gitu ya mas, soalnya jam satu ini ada mata kuliah Pak Akhyat mas ,gua jawab lagi.Ohhh gitu ya mas ,gak tau juga loh mas ,tadi beliau nggak titip pesen sama saya,kayaknya kosong mas kelasnya ,kayaknya loh mas , mas itu jawab. Oh ya udah makasih mas ya,gua ucapin makasih kepada mas itu.

Tubuh gua lunglai ,lemah ,lesu ,letih ,gua malu banget sama orang Jepang ini.Minggu kemarin juga soalnya bapaknya gak bisa dateng jadi gak ada kuliah.  Akhirnya atas nama bangsa Indonesia , gua ucapin maaf sama orang Jepang ini "Maafkan saya ",masih sok ke jepang-jepangan gua ngomongnya.Oh iya tidak apa apa ,dia ngangguk-ngangguk,sambil senyum-senyum .Terima kasih yaa,dia ngucapin makasih malah. See you siapa nama kamu tadi ?" dia tanya .Hifdzi ,gua Jawab . See you Hifdzi .........

5 comments:

  1. harusnya nie cerita gak LUCU, gak MENARIK dan gak KEREN,...
    malah bikin NYESEK buat orang Indonesia,
    ayo donx JAM KARET'y dihilangin ;(
    malu dengan bangsa lain yang menghargai WAKTU!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. sebenarnya ada banyak hal yg bsa di ambil dari cerita dek hifdzi ini tentang jam karet,, dalam pandangan saya jam karet adalah sebuah korupsi dalam arti korupsi waktu, sehingga dari ujung rambut sampai kaki kita, bangsa ini sudah mulai korupsi kalau mau di itung2, namun orang sekrang bilang,, ah.. kalau maling nya sendal, itu mah gk maling,, kalau maling nya bermilyar2 itu baru harus dihukum berat... mereka sama2 maling, cuma masalh value dn kesempatan saja mereka berbeda, maka sekali lagi mari kita jadikan negeri ini menjadi negeri yang bs menghargai diri sendiri, kita telah banyak tersakiti, kita telah di bantai bahrain 10-0, kita telah dihisap emasnya via freepot,, minyak kita diamblil tengkulak asing via cevron dn exon, nikel, biji besi, baja, dan sesak dada ini kalau generasi muda malah bangga jadi pegawai di perusahaan asing, ada banyak cara merubahnya, salah satunya hargai waktu2 anda.

    ReplyDelete
  3. Saya cuma mau berbagi pengalaman saya aja , semogadapat membuka mata kita agar kita lebih bisa menghargai waktu, masalah keren ,lucu,menarik itu emang settingan blogger nya aja mas atau mba ,dan maksih juga masukkannya,saya cuma pengen nulis kok,hahahahaha ayo kita tepat waktu !

    ReplyDelete