Wednesday, March 14, 2012

Nyuci dan kering =bahagia tanpa dahaga (diare 14 maret 2012)

Nyuci dan akhirnya kering tuh rasanya bahagia banget kayak lo abis liat pengumuman beasiswa dan lo salah satu yang dapet beasiswa itu. Sebagai anak kost gua harus pinter-pinter irit sama yang namanya uang mulai dari biaya makan ,bensin,alat mandi,jus ,gorengan ,pulpen dan tip x semuanya harus irit .Begitu juga dalam hal mencuci baju ,biaya laundry di Jogjakarta memang gak terlalu mahal ada yang 5000 per kilo ,4500 per kilo ,3500 per kilo ,3000 per kilo ,2500 per kilo ,2000 per kilo ,1700 per kilo juga ada. Tapi biasanya yang harganya 2000 perkilo dan dibawahnya tuh pasti aneh hasil cuciannya .Yang baunya apek lah , atau gak bersih lah.Kalau gua biasanya yang harganya berkisar antara 2000 ,2500 atau 3000 per kilonya .Tapi untuk lebih irit gua biasanya nyuci sendiri .Ya itung-itung sekalian olahraga daripada main futsal bayar lebih baik mencuci baju ngirit uang bulanan .Cara nyuci baju gua tuh tapi aneh menurut gua karena gua nyucinya cuma direndem lima belas menit abis itu dikucek-kucek dikit , abis tuh diperes ,abis tuh direndem ke molto satu kali bilas ,udah gitu doank. Kalo hasyim tuh ribet di kucek lah ,di sikat  lah, pake kembang tujuh rupa ngerendemnya , sambil joget-joget ,sambil nyanyi ,aneh dah mungkin dia beda madzhab dalam hal mencuci sama gua.

Mungkin kalian yang juga sebagai anak kos ngerasa susah banget untuk nyuci baju sendiri .Godaan untuk laundry tuh begitu besar bagai tsunami jepang tahun yang lalu (kayaknya ). Ada aja penghalang -penghalang yang menghalangi kita untuk nyuci mulai dari tugas yang menumpuk , atau melakukan hal-hal lain biar dibilang sok sibuk.Tapi gua punya tips buat kalian agar kalian tersugesti dan termotivasi untuk nyuci sendiri . Tips yang  pertama adalah kalian harus menyiapkan satu ember untuk nyimpen cucian kotor kalian.Dibandingin kalian menyimpan cucian kotor kalian di plastik atau tas cucian kotor pasti kalian terdorong untuk laundry tapi kalau nyimpennya di ember dengan tidak sadar ini akan mendorong kita biar nyuci sendiri karena ya cucian nya udah di ember tinggal diisi air dan kasih sabun cuci . Tips yang kedua adalah sebaiknya kalian beli sabun cuci yang gede banget karena ini akan mendorong kita untuk mencuci baju karena kita akan ngerasa mubazir kalo sabun cuci ini gak dipake-pake. Tips yang ketiga adalah manfaatian lah waktu luang kalian sekecil apapun untuk mencuci baju sendiri  dan kalian akan merasakan hidup yang sesungguhnya ,hidup yang lebih mandiri dan menjadi lebih dewasa.Subhanallah.... Biasanya ada beberapa hal yang membuat kita malas untuk nyuci baju sendiri salah satunya adalah cucian baju kita gak kering karena musim ujan . Itu memang ngeselin banget tapi gak apa - apa namanya juga hidup pasti banyak liku-liku dan setiap orang pasti pernah merasakannya ( nayanyi dangdut) . Oh iya , tapi sebaiknya kalau lagi ujian baju-baju kotor kita di laundry aja biar kita konsentrasi untuk belajar! . Jangan lupa di laundry tapi! kalo nggak enti lo ujian malah gak pake kolor karena kotor semua ! bisa-bisa jawabannya salah semua .
(nggak penting sih i')


(di kamar kontrakkan pandean)

No comments:

Post a Comment