Monday, April 16, 2012

Makasih aja . (15 april 2012 Diare)




Baru aja gua selesaiin baca bukunya Muhammad Assad yang judulnya Notes From Qatar .Muhammad Assad ini seorang mahasiswa di Qatar yang ngambil s2 Islamic finance.Dia dapet full scholarship dari Emir Qatar . S1 nya juga Muhammad Assad ini dapet full scholarship dari Universitas Petronas Malaysia ,pas lulus jadi mahasiswa terbaik lagi .Menurut gua buku ini inspiratif banget , dan cocok buat pemuda-pemudi Indonesia yang mau nge charge semangatnya. Salah satu artikel yang keren adalah yang judulnya “maaf,terima kasih dan tolong”.Di arikel ini Bang Assad membicarakan mengenai pentingnya tiga kata sederhana ini.Biar sederhana tapi banyak banget manfaatnya terutama dalam kehidupan interaksi sosial kita. Ketiga kata ini jadi kata sakti lah.
Gua tertarik dengan kata “terima kasih” .Dosen gua pernah cerita begini. Jadi waktu itu di rumahnya ada orang bule Australia(temen istrinya) numpang beberapa hari untuk tinggal. Bule Australia ini salah seorang ahli di bidang pendidikan. Bule Australia ini bilang ke dosen gua kalo menurut riset yang dia lakukan bahwa di Australia sudah jarang banget anak-anak kecil yang bilang makasih . Kayaknya di Indonesia juga begitu ya sekarang ini. Buktinya aja tadi pas temen gua bayar cap-cay yang ada di warung makan favorit gua dia nggak ngucapin terima kasih. Ibu yang jualannya juga nggak ngucapin terima kasih tapi dia ngucapin matur suwun (itu artinya “makasih” mas ). Bule itu sedih dengan keadaan di negaranya .Akhirnya dia buat terobosan yang menurut gua unik dan perlu dicontoh sama orang Indonesia.Jadi di sekolah-sekolah  terutama yang tk dan sd kayaknya ( tapi gak tau juga di semua ekolah di Australia apa nggak ?)semua pintunya diganti dengan pintu yang lebih gede dan berat . Jadi ketika anak-anak murid mau keluar dari kelas itu guru dan teman yang mau keluar berikutnya harus megangin pintu ,ketika anak itu keluar gurunya langsung bilang “matur suwun”(“thank you “maksud gua) dan anak yang keluar tersebut juga bilang “thank you” kepada  gurunya dan temannya yang udah megangin pintu . Begitu seterusnya semua saling bergantian untuk megangin pintu keluar dan bilang “thank you.

Hebat juga ya bule Australia ini buat ngajarin thank you aja kayaknya butuh dana yang besar  kata dosen gua,soalnya harus ganti pintu kelas . Pak dosen gua ini juga hebat dia selalu ngasih cerita-cerita yang unik-unik.Mungkin lain kali gua ceritain cerita dari beliau ya .Makzsih ,makasih ,makasih .Yuk kita  biasain ngomong makasih yuk dan kita ajakin juga adik-adik kita yang kecil .Kalo dalam islam juga ada yang namanya Alhamdulillah sebagai tanda terima kasih kita atau rasa syukur kita kepada Allah . Dengan ngucapin makasih semoga kita jadi orang –orang yang pandai bersyukur . Sehingga bangsa kita juga jadi bangsa yang bersyukur . Kalo bangsa kita bersyukur  maka akan banyak nikmat yang Allah kasih ke kita tapi kalo kita kufur (nggak bersyukur ) maka azab Allah S.W.T sangat pedih.Kayak firman Allah S.W.T. di surat  Ibrahim ayat 7

وَإِذْتَأَذَّنَرَبُّكُمْلَئِنشَكَرْتُمْلأَزِيدَنَّكُمْوَلَئِنكَفَرْتُمْإِنَّعَذَابِيلَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: `Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih`.



Sekali lagi ,makasih,thank you ,arigato gozaimasu,syukron ,Alhamdulillahirobbil alamin.

Daftar pustaka
http://users6.nofeehost.com/alquranonline/Alquran_surah.asp?SuratKe=14

No comments:

Post a Comment