Wednesday, April 11, 2012

Sumo (Diare 11 april 2012)

Bang , tau gak bang tipi ini kapan ayah belinya ? , ayah gua nanya ke gua waktu gua lagi nonton tipi,tapi gua gak jawab karena asyik nonton tipi. Ayah gua akhirnya jawab sendiri " ayah beli ini waktu dapet insentif gempa Liwa waktu tahun 1994 bang , waktu itu abang masih 3 tahun , Di Liwa tempat ayah kerja ada gempa dan abis itu sama pemerintah dikasih duit ganti rugi bang ,abis itu ayah beliin tipi ini ." ayah gua cerita .Gua masih diem aja ,karena gua terlalu asyik nonton tuyul dan mbak yul waktu itu(kayaknya) , dan gua masih kecil. Itulah kisah tipi gua yang bermerk Sumo dari digitec.

Tipi ini masih ada sampai sekarang ,sejak gua umur 3 tahun sampai gua sekarang udah kuliah,dan gua belum ganti-ganti tipi.Bentuknya kotak ada kayak pungul ontanya di belakangnya yang merupakan sound dari tipi gua. Disamping nya juga ada pungul ontanya .(bener gak sih istilahnya pungul ?)(barusan gua nanya Hasyim ternyata punuk).Tipi ini lah yang menemani kehidupan gua dalam "pernontonan pertelevisian" , dari mulai gua nonton power ranger ,arale,dragon ball, bakabon ,sinchan , detektif conan, spongebob , avatar, one piece ,sampe sekarang gua udah hobi nonton berita di TV one dan Metro tv ,tipi ini masih setia di kehidupan gua. Memberikan keceriaan , keterharuan , kesenangan dan informasi.Gua inget waktu kecil dulu gua sering gigitin ujung remotnya yang dibungkus dengan bungkus palstik untuk remot.Gua gigit dibagian ujung yang ada lampu infra red nya atau sensornya ,rasanya waktu gigit itu enak banget ,manis ,hidup kayak tanpa beban. Sampe akhirnya remot itu rusak dan gua gak bisa ganti -ganti channel pake remot lagi . Tapi  gua gak keabisan akal , soalnya gua bisa ganti-ganti channel dari kejauhan pake kaki gua . Biasanya gua nonton tipi sambil tiduran dan gua pencet-pencet tuh tombol untuk ganti channel nya pake jempol kaki ,lumayanlah sambil olahraga . Sampe akhirnya tombolnya juga rusak dan ini mempersulit gua untuk ganti channel dari jauh . Sekarang gua cuma bisa ganti channel pake jari  kelingking tangan gua ,karena lobang untuk ganti channelnya tuh kecil banget. Tapi beberapa bulan yang lalu gua liburan pulang ke Lampung ternyata tipi gua sekarang udah punya remot baru yang dibeli ayah gua dari tukang remote keliling. Keren coi , gua bisa ganti channel dari jauh lagi walau gak bisa dari Jogja juga sih ganti channelnya.Eh tapi bisa denk ,gua tinggal telepon ibu gua dan suruh ganti channelnya . Tuh kan bisa .


Beberapa tahun yang lalu tipi Sumo gua ini sempet rusak . Gambarnya masih bagus tapi kadang suaranya ,ngreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek,ngreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek.
Begitu bunyinya , walhasil dipanggil lah tukang servis tipi yang gak terkenal di Bandar Lampung dan tipi gua  bener lagi . Dua bulan berjalan ,penyakit tipi ini kambuh lagi ,gambarnya bagus tapi suaranya yang kadang-kadang ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeekkkk, begitu . Akhirnya karena cukup kecewa dengan tukang servis yang pertama yang gak begitu terkenal di Bandar Lampung ,dipanggil lah tetangga gua yang juga tukang servis elektronik termasuk tipi tapi akhir -akhir ini beliau lebih sering servis AC.Dateng lah bapak itu dan tipi gua langsung di gebuk gebuk pinggirnya .Tiba-tiba suara nya bener lagi ,hebat bapak ini "dalam hati gua berkata.Cukup digebuk tipi pun langsung benar"hati gua berkata lagi.Semenjak dari itu kalo misalnya tipi Sumo gua ini ngerengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek ,gua langsung gebuk -gebuk pinggirnya. Tapi memang gebuknya gak boleh asal , ada bagian-bagian tertentu yang itu pusat saraf nya lah kalo gua bilang dan harus pake hati ketika lo ngegebuknya gak bisa lo gebuk semau-mau .Ini tentang kepawangan gua dalam menggebuk tipi ini .Kalo ayah gua lagi nonton tipi dan tipi nya ngerengeeeeeeeeeeek terus ayah gua coba gebuk-gebuk ,itu sangat sulit untuk bisa berhasil.Tapi ketika gua yang gebuk , dengan tarikan nafas yang pas dan teratur ,kecepatan gebukan yang sesuai dan tak lupa penuh kasih sayang dari hati nurani yang terdalam maka tipi Sumo gua itu akan kembali benar lagi.Itulah gua apa adanya.tapi sekarang-sekarang ini tipi gua baik-baik aja nggak pernah ngerengek ngerengek lagi dan gambarnya pun masih bagus ,gak ada semut-semutnya .Nggak kayak tipi-tipi kayak jaman sekarang yang gambarnya nggak jernih walaupun LCD TV . Sempet gua minta sama ayah dan ibu gua untuk beli tipi baru tapi akhirnya ayah gua selalu menceritakan sejarah tipi ini lagi yang sudah gua ceritain diawal tadi dan juga dengan alasan gambarnya masih bagus dan gak kalah sama tipi-tipi lain . Iya juga sih "kata hati gua yang paling terdalam. Gua bersyukur aja karena masih punya tipi yang hebat yang sampe sekarang masih menemani keluarga gua tercinta dalam mengisi waktu-waktu luang .

Barusan aja hari ini gempa 8,9 skala richter yang terjadi di Aceh . Dan di perkirakan akan ada tsunami yang akan menimpa NAD,Bengkulu ,dan Lampung. Tadi sore langsung gua telepon ibu gua dan kata ibu gua alhamdulillah gak terjadi apa-apa. Alhamdulillah lah, semoga semua keluarga gua baik-baik aja di Lampung . Tipi SUMO gua juga .

No comments:

Post a Comment