Monday, April 16, 2012

Yuk Sholat ! ,Nitip ya ! (Diare 14 april 2012 +-)


Barusan aja gua keluar dari pontraq ( nama kontrakkan gua ) untuk sholat ashar berjamaah di masjid .Di perjalanan gua menuju masjid gua ketemu sama tiga orang anak kecil yang biasa maen di depan rumah gua. Mereka lagi bercakap-cakap kata –kata yang gua denger adalah “yang penting nggak nyolong “salah satu anak ngomong ke dua temen yang lainnya.Iya nggak mas “ anak itu juga nanya begitu ke gua waktu gua lewat depan mereka .Iya “gua jawab. Abis itu gua tanya ke mereka” kok pada nggak sholat? . Anak yang nanya ke gua tadi bilang begini” nitip aja ya mas ! . Waduh ni anak hebat bener sholat bisa di titip-titip. Dia sangka helm yang bisa dititipin di baseman parkiran.Sedih juga gua dengernya. Tapi gua pikir ini bukan hasil pemikiran dia sendiri ,mungkin dia denger dari  lingkungannya atau orang tuanya abis itu dia tiruin . Soalnya kata –kata yang macem begini sering banget gua denger ,dari temen-temen gua ,dari sodara juga ada .Gua sedih banget , orang-orang bisa nyepelein sholat begitu mudahnya .
Padahal yang kita tau bahwa sholat itu tiangnya agama. Lo bisa bayangin kalo misalnya rumah nggak ada tiangnya ya mana mungkin bisa jadi rumah yang seutuhnya bahkan nggak bisa jadi rumah. Begitu juga dengan manusia ketika kita nggak sholat maka kita belum menjadi manusia yang seutuhnya.Kita juga tau amalan yang pertama kali di hisab(dihitung ) oleh Allah S.W.T. adalah amalan sholat kita . Kalo amalan sholat kita bagus maka kita akan lanjut masuk surga tapi kalo amalan sholat kita buruk ya ,lo semua pada tau lah ! .Naudzubillahimindzalik. Sering juga gua denger dari penceramah- penceramah kalo ISLAM itu ya sholat , I = isya ,S =Subuh ,L=lohor (dzuhur  kalo orang jaseng kayak gua bisanya nyebutnya lohor),A=Ashar dan M = Maghrib. Jadi ,Seorang muslim itu harus sholat.

Ada banyak manfaat ketika kita sholat coi , yang pertama kita bisa terhindar dari perbuatan keji dan mungkar sebagaimana  Allah S.W.T berfirman di dalam Surat Al-Ankabut ayat 45
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ﴿٤٥﴾
(45)Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Belum lagi dari segi kesehatan  berikut ini gua kutip dari situs http://aldyputra.net tentang manfaat sholat dari segi kesehatan
               

Setiap gerakan shalat merupakan bagian dari olahraga otot-otot dan persendian tubuh. Sholat dapat membantu menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh tetapi dengan syarat semua gerakan sholat dilakukan dengan benar,perlahan dan tidak terburu-buru serta istiqomah atau konsisten.

Begitu banyak manfaat gerakan shalat bagi kesehatan tubuh manusia. Semakin sering kita sholat dengan benar, semakin banyak manfaat yg kita peroleh untuk kesehatan diri kita.Mari kita lihat beberapa Manfaat Shalat Bagi Kesehatan.
Manfaat Shalat Bagi Kesehatan
Sholat dengan berdiri

Wajibnya sholat adalah berdiri bagi yang mampu, ternyata berdiri pada waktu sholat mengandung hikmah yg luar biasa yaitu dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi pikiran.
Takbiratul Ihram

Takbir dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan dilakukan ketika hendak rukuk dan bangkit dari rukuk. Pd saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita sehingga keseimbangan tubuh terjaga.
Rukuk

Rukuk dilakukan dengan tenang dan optimal dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai saaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran saraf, memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata menatap ke tempat sujud.
I’tidal (Bangun dari Rukuk)

Saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba.
Sujud

Apabila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir.
Duduk antara Dua Sujud

Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita. Selain itu, gerakan ini dapat menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia.
Duduk Tasyahud Awal

Pada saat duduk tasyahud awal, lipatan paha dan betis bertemu. Gerakan ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita.
Duduk Tasyahud AKhir

Gerakan ini lebih baik dari gerakan bersila. Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.
Salam

Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung.


Oh iya kita juga bisa dipuji ganteng sama cewek-cewek kalo kita sholat. Liat aja kalo misalnya lagi azan sholat biasanya banyak banget twit –twitt dari cewek cewek “ ayo donk yang ganteng sholat” ,terutama kalo lagi waktunya sholat jum’at ,hampir di timeline gua cewek-cewek men tweet “Kalo yang sholat itu ganteng “. Jadi walaupun  muka kita pas-pasan ,(kalo gua Alhamdulillah ). Cewek-cewek bakal nganggep kita ganteng kalo kita sholat .

Makanya temen-temen seperjuangan , calon pemimpin bangsa  ,Negara dan agama kita . Yuk kita sholat yuk .Jangan dititip-titip Sholat itu sangat mengasyikkan.Buat yang cowok-cowok juga ,sebaiknya sholat berjamaah di masjid karena pahala nya akan dilipat gandakan kalo sholat di masjid.Kalo  bisa juga di tambah sholat dhuha dan sholat malem. Amiin ,walaupun gua jarang banget sih sholat dhuha dan sholat malem. Semoga tulisan ini dapat mengajak teman –teman untuk mengerjakan sholat lima waktu dan mengingatkan gua agar lebih khusyuk dalam sholat. Ayo teman kita saling mengingatkan!. Terakhir ada sebuah pantun dari gua ,
         Makan nasi di dalam sumur ( awas ninggal )
        Lauknya ayam goreng ,sambel ijo ,tempe bacem , sayur nangka , pecel,duren ( banyak banget)
       Yuk kita terus sholat di sisa umur
        Agar kita mendapat ridho Allah S.W.T , dan juga jadi orang yang keren

Daftar Pustaka
http://aldyputra.net/2011/09/manfaat-shalat-bagi-kesehatan/

No comments:

Post a Comment