Tuesday, June 26, 2012

Hilang (26 juni 2012)

Bulan-bulan, hari-hari, jam-jam, detik-detik, menit-menit, menit duluan seharusnya, semua kita lalui dengan kehilangan apapun yang kita miliki. Kita kehilangan waktu-waktu, kesempatan-kesempatan, dan banyak hal di dunia ini. Kehilangan selalu menjadi hal yang membuat kita mendapatkan sesuatu yang baru, waktu-waktu baru, kesempatan-kesempatan baru dan banyak hal baru di dunia ini.

Sepertinya bulan-bulan ini merupakan bulan kehilangan bagi gua. Suatu hari, gua kehilangan KTM (kartu tanda mahasiswa) gua. Dikarenakan gua kehilangan KTM, maka gua membuat surat kehilangan di kantor polisi untuk membuat KTM yang baru. Surat kehilangan pun gua dapatkan. Eh ternyata surat kehilangan tersebut hilang. Gua cari-cari deh dikamar, di kamar orang, di ruang tamu, dan ke kamar gua lagi ternyata gua nggak kehilangan surat tersebut. Belum sempet gua buat KTM yang baru, beberapa minggu setelah kejadian itu, ternyata KTM gua nggak hilang. KTM gua ada di Bang Syahri. Waktu itu, dia minjem buat apa gitu?... gua juga lupa. Berarti sekarang gua punya surat kehilangan dari KTM yang ternyata nggak hilang. Hahahahahhaaa. Seruuuuu.....

Bagas, sekarang dia udah menghilang dari Pontraq. Lebih tepatnya dia pindah dari Pontraqan. Gua ngerasa kehilangan banget Bagas pindah dari Pontraq. Udah setengah tahun lebih,  gua dan temen-temen gua yaitu Ridho, Hasyim dan Bagas bareng-bareng tinggal di Pontraq. Waktu itu kejadiannya gua lagi outbond dengan temen-temen Jendela dan tiba-tiba dapet sms yang cukup membuat gua shock tentang keinginan Bagas untuk pindah. Tapi, itulah hidup, kita akan kehilangan banyak hal dan menemukan banyak hal. (padahal Bagas pindahnya cuma 10 meter doank dari Pontraq)


Laptop, kemana kau berada saat ini?, kemana file-file gua? tugas-tugas gua dari semester 1?. Ini salah satu benda kesayangan gua dalam hidup ini selain kipas angin dan buku-buku. Waktu itu gua kebangun dari tidur dan ngeliat kalo jendela kamar gua udah terbuka. Setengah sadar gua berpikir, " kok jendela kebuka ya? dan laptop diatas meja nggak ada?". Gua cari-cari  deh laptopnya. Di tas meja nggak ada, di WC nggak ada, di lemari baju nggak ada, di kantong celana nggak ada, dimana-mana nggak ada. I was so panic at that time (sambil denger lagu panic at the disco). Gua menjerit dalam hati gua "KEMANAAAAAAAAAAAAAAA LAPTOPPPPPPP GUAAAAAAAAA?". Dan ternyata benar adanya, gua kehilangan lap-top gua.


Selalu ada hikmah dari suatu kehilangan. Hiduplah dengan lebih berhati-hati. Selalu ada yang diganti dari suatu kehilangan, Alhamdulillah,  #sensor............... ( gua sensor kalo gua lap top baru, takut sombong). Selalu bersyukur apa yang kita miliki saat ini! dan jagalah sebaik-baiknya, terutama kehidupan ini.

Sunday, June 24, 2012

Karet gelang (diare 24 juni 2012)

Tweetan karet gelang, biar karet gelang yang mengkaret gelangkan 

sederhana tapi keren 

mainan anak-anak, dan membuat ceria 

warna-warni 
flexibel bisa dibentuk apa aja 
karet gelang 
ngebungkus nasi padang 
pedes 2, nggak pedes 1 
ngiket rambut 
bermanfaat bagi siapapun dan apapun 
bisa jepret cicek di dinding 
jepret pantat orang juga 
Bau karet 
Untuk jahil 
Biar jadi karet gelang, tapi ya memang karet gelang

Saturday, June 23, 2012

Engko Arep.... (Diare 24 juni 2012)

My name is .....
My hobby is
I want to be......

Tulisan-tulisan diatas tertulis di papan tulis tiga belas ribuan yang cuman kayak selembar kertas. Hari ini temanya adalah Introduce yourself. Hari ini adalah hari kedua gua pergi ke shelter merapi bersama teman-teman dari Komunitas Jendela. Buat kalian yang belum tau itu apa itu Komunitas Jendela, cari tau lah ya! hahahahaa. Minggu kemarin gua juga pergi kesana, tapi minggu ini lebih seru menurut gua karena anak-anaknya udah pada lumayan kenal sama gua.

"My name is........, koe sopo le jenenge?" Hasyim coba ngajarin anak-anak untuk nyebutin kata-kata itu.

"Emooooooooh ah, aku ora melu, mosok sinawu boso inggris terus maaas, mas" Anak-anak pada protes karena belajar bahasa Inggris terus. Minggu kemarin emang udah belajar bahasa Inggris sih, Tapi memang program dari jendela beberapa minggu ini ngajarin anak-anak untuk belajar bahsa Inggris.

"Yo ora popo toh, lanjut yo" Hasyim coba nenangin suasana anak-anak yang udah mulai nggak fokus padahal baru belajar "My name is....".

Lanjut lah ke kalimat yang kedua, My Hobby is.... . Anak-anak udah mulai menarik nih di kalimat ini. Mereka udah banyak yang mulai mau diajak bekerjasama. Ada yang hobinya swimming, reading, dancing dan macem-macem lah.

Yang paling menarik perhatian gua adalah ketika mereka belajar I want to be..... untuk menyAtakan cita-cita.

 Salah satu anak ditanya kan sama si Hasyim" Kowe nek wis gede cita-cita ne arep dhadi opo?".

"Males e aku mas, engko nek saiki cita-cita ne iki engko dadine peternak, petani, supir opo waelaaah, emoh aku nek cita-cita" seorang anak bernama Puput yang mengatakan hal yang terlalu bijaksana untuk seorang anak kecil.

Abis itu ada anak-anak yang umurnya lebih kecil nyeletuk "mas-mas nek aku arep dadi golikokter.
Gua berpikir panjang dan bertanya-tanya, apa itu "golikokter"?. Setelah gua pikir matang-matang ternyata golikokter adalah helikopter. Widiiih, nih anak hebat udah kayak transformer mau jadi golikokter. Mungkin maksud dia adalah dia pingin jadi pilot tapi malah nyebut golikokter.

si"golikokter" lagi gambar
 Abis tuh gua tanya ke anak lainnya yang seumuran sama anak yang nyebut golikoter tadi " nek kowe arep dadi ope le?". "Madun, mas" anak itu jawab. Anak ini lebih ajaib, dia mau melakukan rekayasa genetika terhadap dirinya mungkin dia mau melakukan cloning. Mungkin maksud dia, dia mau jadi pemain bola kayak si "Madun".
Anak itu mikir lagi dan berkata" aku arep dhadi hewan mas". Astaghfirullah, anak ini, cita-citanya luar biasa.Yaaaa, namanya juga anak-anak ya, selalu berpikir diatas kemampuan orang dewasa. Mungkin maksud dia, dia mau jadi peternak hewan.



Setelah belajar kalimat-kalimat pendek tadi, kita berlanjut untuk menggambar. Masing-masing anak diwajibkan untuk menggambar sesuai dengan cita-citanya masing-masing.
wiiiiiiisssss kereeeeen
Kalo gambar kayak gini, cita-citanya mau jadi apa ya?





kalo yang ini sukanya main musik  gamelan . kereeenn. (mau jadi voklais kangen band)


Semoga anak-anak ini jadi orang-orang hebat ya, yang akan memimpin bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju, bermanfaat bagi orang banyak dan bermanfaat bagi agama.Udah dulu ya'......Wassalamu'alaikum W.W.
DItulis di pontraq 12:34 am


Friday, June 22, 2012

Jam an Dinding an (diare 23 juni 2012)






Bagi gua jam dinding bukan hanya sekedar jam dinding. Waktu gua ngeliat jam dinding, jarum panjang merah yang selalu berdetak mengitari angka-angka, gua berpikir sudah berapa banyak waktu yang sudah gua jalani tanpa melakukan apapun. Cuma tidur-tiduran, ngeliatin jam nggak ngapa-ngapain.

Bagi gua jam dinding bukan hanya sekedar jam dinding. Jam dinding yang nantinya bisa ngingetin gua kapan gua harus melakukan ini itu. Banyak hal yang harus dilakukan untuk hidup ini. Mempersiapkan diri untuk menggapai cita-cita yang ingin gua capai.

Bagi gua jam dinding bukan hanya sekedar jam dinding. Jam dinding membuat diri ini lebih bisa menghargai orang lain. Gua bisa menghargai waktu orang lain untuk tidak telat ketika berjanji. Agar tepat waktu ketika datang kuliah. Biar gua jadi lebih disiplin.

Bagi gua jam dinding bukan hanya sekedar jam dinding. Jam dinding yang mengingatkan masa lalu gua yang udah gua alami. Mengingat cerita-cerita, merangkai de javu, dan terseyum sejenak. Masa Sma yang begitu indah, masa SMP yang luar biasa, Masa SD yang enak dan TK yang menggemaskan.

Bagi gua jam dinding bukan hanya sekedar jam dinding karena jam dinding gua baru. Jam dinding baru yang akan memperbaharui hidup gua. Agar hidup ini lebih bisa dihargai, lebih bermanfaat, dan lebih mengasyikkan.

Thursday, June 21, 2012

Oto Urabaya (Mana "s" nya?) s jeruk (diare 22 6 2012)

Udah tiga hari berlalu tanpa Soto Surabaya terenak sedunia. Biasanya setiap pagi sebelum gua cuci muka atau buang sampah, gua langsung cari kunci motor kemudian pergi ke tempat soto surabaya. Beberapa kali gua lewat sana dan berniat untuk makan soto tersebut tapi warungnya tutup. Gua hampir mau nangis sambil naik motor. Gua bertanya-tanya dlam hati yang terdalam "apa jangan-jangan bapak penjual soto ini akan pindah selamanya?". Gua nggak bisa bayangin hidup gua tanpa soto surabaya tersebut kalo ibarat pepatah orang-orang jaman dulu yaitu "Ada Udang Di Balik Batu" #nggak nyambung bodo amat yang penting nggak lucu.

Pasti semua penasaran sebenernya bagaimana sih bentuk dari soto itu?, bagaimana sih rasa dari soto itu?, dimana sih tempat soto itu berada?. Oke gua bakalan kasih tau setelah gua menyelesaikan kalimat ini. Udah selesai. Oke, sekarang saatnya. Ya, bener-bener saat ini. Pasti makin penasaran kan?, hahahhahahahahahahhahahhaha. Soto ini selalu disajikan di mangkok-mangkok bonus sabun daia yang berwarna kebiru-biruan, beling, dan eksotis. Kuah kaldu ayamnya yang kuning kental, ditabur dengan toping koya, bawang goreng yang menari-nari indah menyebarkan aroma surgawi ke seluruh penjuru dunia, umbyaran-umbyaran nasi yang terpisah-pisah berenang kesana kemari,  kol, suwiran-suwiran ayam yang gagah berani, sendok dan garpu semua saling berkolaborasi memanjakan lidah-lidah orang-orang yang digandrungi oleh imajinasi-imajinasi dari sebuah titik kulminasi akan kelezatan yang tiada tara.#capekjugangarang gitu. Kalo kalian berkuliah di Jogjakarta Insya Allah kalian tau Mirota kampus yang deket UGM. Di dekat Mirota Kampus ada banyak tempat vermak jeans dan disitulah letak dimana Soto Surabaya berada.

Besok gua berharap warung soto Surabaya itu bakalan buka lagi karena gua udah kangen banget untuk mkan soto itu. Kalian juga kalo mau makan disitu nggak apa-apa gua nggak akan marah kok apalagi sampe' mecahin ban motor kalian. Kayaknya itu nggak bakalan terjadi deh karena cuma orang gila yang mau mecahin ban motor karena orang lain makan di warung soto kesayangannya.

Makasih hari ini.
Makasih Hari Esok.
Makasih Hari Tan Soudibjo.

di pontraq