Saturday, June 23, 2012

Engko Arep.... (Diare 24 juni 2012)

My name is .....
My hobby is
I want to be......

Tulisan-tulisan diatas tertulis di papan tulis tiga belas ribuan yang cuman kayak selembar kertas. Hari ini temanya adalah Introduce yourself. Hari ini adalah hari kedua gua pergi ke shelter merapi bersama teman-teman dari Komunitas Jendela. Buat kalian yang belum tau itu apa itu Komunitas Jendela, cari tau lah ya! hahahahaa. Minggu kemarin gua juga pergi kesana, tapi minggu ini lebih seru menurut gua karena anak-anaknya udah pada lumayan kenal sama gua.

"My name is........, koe sopo le jenenge?" Hasyim coba ngajarin anak-anak untuk nyebutin kata-kata itu.

"Emooooooooh ah, aku ora melu, mosok sinawu boso inggris terus maaas, mas" Anak-anak pada protes karena belajar bahasa Inggris terus. Minggu kemarin emang udah belajar bahasa Inggris sih, Tapi memang program dari jendela beberapa minggu ini ngajarin anak-anak untuk belajar bahsa Inggris.

"Yo ora popo toh, lanjut yo" Hasyim coba nenangin suasana anak-anak yang udah mulai nggak fokus padahal baru belajar "My name is....".

Lanjut lah ke kalimat yang kedua, My Hobby is.... . Anak-anak udah mulai menarik nih di kalimat ini. Mereka udah banyak yang mulai mau diajak bekerjasama. Ada yang hobinya swimming, reading, dancing dan macem-macem lah.

Yang paling menarik perhatian gua adalah ketika mereka belajar I want to be..... untuk menyAtakan cita-cita.

 Salah satu anak ditanya kan sama si Hasyim" Kowe nek wis gede cita-cita ne arep dhadi opo?".

"Males e aku mas, engko nek saiki cita-cita ne iki engko dadine peternak, petani, supir opo waelaaah, emoh aku nek cita-cita" seorang anak bernama Puput yang mengatakan hal yang terlalu bijaksana untuk seorang anak kecil.

Abis itu ada anak-anak yang umurnya lebih kecil nyeletuk "mas-mas nek aku arep dadi golikokter.
Gua berpikir panjang dan bertanya-tanya, apa itu "golikokter"?. Setelah gua pikir matang-matang ternyata golikokter adalah helikopter. Widiiih, nih anak hebat udah kayak transformer mau jadi golikokter. Mungkin maksud dia adalah dia pingin jadi pilot tapi malah nyebut golikokter.

si"golikokter" lagi gambar
 Abis tuh gua tanya ke anak lainnya yang seumuran sama anak yang nyebut golikoter tadi " nek kowe arep dadi ope le?". "Madun, mas" anak itu jawab. Anak ini lebih ajaib, dia mau melakukan rekayasa genetika terhadap dirinya mungkin dia mau melakukan cloning. Mungkin maksud dia, dia mau jadi pemain bola kayak si "Madun".
Anak itu mikir lagi dan berkata" aku arep dhadi hewan mas". Astaghfirullah, anak ini, cita-citanya luar biasa.Yaaaa, namanya juga anak-anak ya, selalu berpikir diatas kemampuan orang dewasa. Mungkin maksud dia, dia mau jadi peternak hewan.



Setelah belajar kalimat-kalimat pendek tadi, kita berlanjut untuk menggambar. Masing-masing anak diwajibkan untuk menggambar sesuai dengan cita-citanya masing-masing.
wiiiiiiisssss kereeeeen
Kalo gambar kayak gini, cita-citanya mau jadi apa ya?





kalo yang ini sukanya main musik  gamelan . kereeenn. (mau jadi voklais kangen band)


Semoga anak-anak ini jadi orang-orang hebat ya, yang akan memimpin bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju, bermanfaat bagi orang banyak dan bermanfaat bagi agama.Udah dulu ya'......Wassalamu'alaikum W.W.
DItulis di pontraq 12:34 am


No comments:

Post a Comment