Saturday, July 21, 2012

Marhaban Ya Ramadhan (diare 21 juli 2012)

Hari ini adalah hari pertama Bulan Ramadhan di tahun ini. Sekarang gua udah pulang ke Lampung seperti biasanya setiap liburan semester genap selalu berbarengan dengan bulan Ramadhan dan Alhamdulillah setiap bulan Ramadhan selalu libur kuliah. Sekembalinya gua di Lampung ada banyak hal yang merupakan kenangan manis asam asin selama gua menjalani bulan puasa waktu kecil dulu. Bulan puasa di zaman gua SD itu selalu identik dengan buku ramadhan. Buku ini adalah semacam buku laporan ibadah kita selama bulan Ramadhan. Didalamnya juga terdapat bagian-bagian kosong yang harus kita isi rangkuman ceramah  setiap harinya selama satu bulan. Ada banyak manfaat dari buku ini diantaranya membuat anak-anak kecil jadi lebih rajin beribadah  (sholat, ngaji, baca buku agama), yang kedua melatih anak-anak untuk menulis melalui rangkuman ceramah, yang ketiga dari buku Ramadhan ini memberikan uang tambahan kepada guru-guru agama di sekolah anak-anak tersebut. Gua inget banget setiap shalat Taraweh, gua harus nulis rangkuamn ceramah. Sebagai anak SD yang lugu, gua belum memiliki kecerdasan yang memadai untuk merangkum apa yang dikatakan oleh penceramahnya. Jadi yang gua lakukan adalah menulis apa yang bisa gua dengar  terhadap apa yang dikatakan oleh penceramah. Jadi begini salah satu contoh tulisannya.:

1 Ramadhan 1999 di masjid Al-Jihad
Penceramah: Bapak (disensor)

Assalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh,

Yang Marilah jangan bersama-sama kita melaksanakan hadirin wal hadirat. Tentunya dalam beribadah jangan kita merasa sidang Shalat tarawih yang mari kita puasa dengan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahiwabarakatuh




                                                                                            (Tanda tangan penceramah)


Biasanya kalau udah ketinggalan omongan penceramah, biasanya gua nyontek sama temen gua yang lebih pinter dan lebih cepet nulisnya. Tapi ya sama aja sih sebenernya, dia juga nulisnya kayak apa yang gua tulis diatas. Bukan merangkum tapi menuliskan apa yang dia denger. Gua nulisnya biasanya ketika orang-orang sedang sholat taraweh. Jadi orang-orang pada sholat taraweh sedangkan gua nulis buku Ramadhan.


Diakhir sholat taraweh juga biasanya anak-anak kecil yang seumuran gua itu pada ngantri di Masjid bukan untuk ngambil zakat fitrah tapi untuk minta tanda tangan penceramah beserta cap masjidnya. Dan gua memiliki akses yang lebih baik untuk itu, gua selalu minta tolong ayah gua untuk minta tanda tangan dan cap masjid karena ayah gua salah satu pengurus masjid. 


Alhamdulillah sekali tapi ya kita bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan bulan yang penuh hikmah, penuh ampunan, pahala dilipat gandakan, dan setan di penjarakan. Ada banyak manfaat dari bulan Ramadhan ini dari segala macam sisi kehidupan kita. Dari segi psikologis kita, kesehatan, maupun kehidupan sosial. Dosa-dosa kita diampuni oleh Allah S.W.T, dan kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.



Ada juga orang-orang yang membuat perubahan dalam dirinya ketika bulan Ramadhan yaitu orang-orang yang jarang mebaca Al-Qur'an jadi sering membaca nya, orang-orang yang sholatnya bolong-bolong jadi nggak bolong-bolong lagi, sampe orang yang jarang mandi di bulan puasa dia jadi rajin mandi. Orang yang biasanya Mandi sehari sekali tapi tumben-tumbenan dia mandi jadi mandi tiga kali sehari bahkan ada yang sampe lima kali sehari. Pagi, setengah siang, siang, setengah sore , dan sore menjelang malem itulah jadwal-jadwalnya. Biasanya kalo udah mandi itu pasti lama banget apalagi kalo lagi siang-siang dan panas banget. Manalagi kalo ada air yang lewat depan mulut kita maka mulut kita akan membuka sedikit dan kumur-kumur sedikit. Dalam hati berniat  " Siapa tau dapet aer dikit nggak sengaja masuk ke mulut". Astaghfirullahal'adzim itu nggak boleh ditiru ya. Kalo mau kayak gitu sekalian aja bak mandinya dikasih sirup sama es batu dan diaduk-aduk lah, sabunannya pake bakwan,  dan gosok giginya juga pake pecel lele. Sekali lagi, Jangan ditiru yang kayak gitu!! nggak baek!!.

So, nyok kita nonton ondel-ondel (bukan ya). Nyok kite puase nyang bener biar nyak babe encang encing mpok mpek pada demen ngeliat kite. Semoge Allah juga ridho ame kite ye. Et daaaaaaaahhhh... Amiiin ya rabbal A'laaaaaamin


Ditulis dikamar atas rumah Antasari  jam 11:07




No comments:

Post a Comment