Saturday, July 21, 2012

Nama Gua

Beberapa hari ke depan gua bakal nulis mengenai diri gua yang sesungguhnya mulai dari hal-hal aneh sampe hal-hal yang membuat lo biasa aja.

Sekarang gua akan menjelaskan mengenai nama gua beserta cerita-cerita yang terkandung didalamnya. Kalian yang udah kenal gua insya allah tau bahwasanya berdasarkan UUD 45 ideologi negara kita adalah pancasila tapi bukan itu yang mau gua sampein. Nama panjang gua yang nggak terlalu panjang adalah Muhammad Hifdzi Khoir. Inget Muhammad Hifdzi Khoir pake "dzal" bukan "zha" dan untuk menyebutkan "kho" nya itu harus keluar dari tenggorokan dengan bibir yang agak sedikit monyong ke depan. Buat yang udah monyong bersyukur aja jangan minder karena kalo kita bersyukur insya allah rezeki kita dilipat gandakan. Jadi kalo misalnya lo monyong tiga cm kalo lo bersyukur maka kemonyongan lo bisa jadi sepuluh cm. Cukup untuk penyebutan nama gua ditilik dari segi fonetiknya.

Nama gua didapatkan dari sebuah buku kumpulan nama-nama islami yang didapat oleh ayah gua. Tepatnya dua hari sebelum keberadaan gua didunia yang fana ini. Ayah gua lagi jalan-jalan keliling kota dengan motor honda GL-pro nya dan di perjalanan ayah gua berpikir dan merasa bingung banget mau ngasih nama anaknya apa. Akhirnya ia putuskan untuk berhenti sejenak di sebuah toko buku Gramedia (yang nggak boleh disebutkan nama tokonya #lah barusan apa??). Setelah memarkirkan motornya, ayah gua segera masuk kedalam toko buku tersebut. Dia nyari-nyari buku kumpulan nama-nama islami di rak lemari buku  resep-resep makanan dan rupanya disitu ada. Nggak tau kenapa buku itu bisa ada di rak lemari buku kumpulan resep-resep makanan, mungkin karena takdir?, atau mungkin itu buku resep makanan yang cover bukunya kumpulan nama-nama islami?, atau justru itu buku kumpulan nama makanan- makanan yang islami?. Ternyata itu semua salah, yang benar adalah sebelum ayah gua ke rak lemari buku kumpulan resep makanan dia udah nemuin buku itu di rak lemari lain tapi karena dia udah baca nama-nama nya selama perjalanan ke kasir  dan dia putuskan untuk nggak membeli buku tersebut karena dia sudah mendapatkan nama yang cocok untuk anaknya yaitu Muhammad Hifdzi Khoir. Muhammad diambil dari halaman 36, Hifdzi   diambil dari halaman 56, dan khoir diambil dari halamna 76. Ayah gua pun mencatat nama-nama itu di kertas kecil yang ia bawa. (agak fiktif ya) heheheheeww!!!


Gua hidup dengan nama gua yang sangat keren ini karena jarang banget gua nemuin nama yang sama kayak nama gua. Nama gua pun memiliki arti yang sangat keren yaitu Hifdzi yang berarti "penjaga atau penghapal" dan khoir yang berarti baik. Kalo "Muhammad" itu nama yang dianjurkan Rasulullah untuk diberikan kepada anak. Tapi kekerenan yang eksklusif dari nama gua cuma berhenti sampai gua kuliah aja. Karena ternyata semenjak gua kuliah di Sastra Arab dan gua belajar , ternyata Hifdzi itu nggak ada artinya karena yang betul adalah Hifzhi yaitu Hifzhi yang pake "Zho" bukan "Dzal". Jadi kalo gua artikan nama gua yang sekarang adalah Hifdzi itu berarti "nggak berarti" dan "khoir itu berarti "baik". So, Hifdzi Khoir adalah "nggak berarti tapi baik". Alhamdulillah lah, yang penting masih baik daripada jahat. 


Dan sebenernya nama gua yang lebih sering dipanggil sama temen-temen gua adalah "Ii'". Entah kenapa gua bisa dipanggil Ii' . Ini sudah berlangsung sejak gua kecil. Sempet gua pengen ngubah image gua biar bisa dipanggil Hifdzi pas kuliah ini tapi pada akhirnya ketauan juga kalo nama gua "Ii". Lucu banget nama ini, unyu-unyu kayak pantat bayi. Tapi gua harap nama Ii' ini nggak berlanjut sampai di kehidupan gua yang akan datang. Misalnya gua udah bapak-bapak dan punya anak empat terus masih dipanggil "Bapak Ii'" kan nggak lucu. (Eh lucu denk) (iya, lucu buat orang tapi nggak lucu buat gua). Gua akan lebih senang kalo pas gua udah bapak-bapak nanti gua akan dipanggil "Bapak Hifdzi", ih tuh kan keren banget kayak pantat bayi yang udah dibedakin.

Tapi apapun namanya yang penting bisa jadi orang yang bermanfaat buat orang lain itu aja udah cukup buat gua. Semoga, Amiiiiinnnn!, Ayo kita jadi bermnfaat buat orang lain. 

No comments:

Post a Comment