Tuesday, February 3, 2015

GUA, SAYA, DAN AKU


Kata "orang pertama" di Indonesia itu beragam. Mulai dari kata saya, aku dan gua. Saya termasuk orang yang memakai ketiga kata orang pertama tersebut tergantung dengan siapa dan dimana saya berbicara.

Di lampung saya terbiasa ngomong pake kata "gua". Bukan maksud untuk gaul gaulan tapi emang udah jadi budaya aja di kalangan anak muda untuk ngomong gua lo. Kata "gua" memang sering dipakai sehari sehari di kalangan remaja. Walaupun hampir sama dengan orang orang Jakarta mengenai pemakaian kata gua namun ada perbedaan yang sangat jauh tentang gaya bicaranya. Di kalangan pergaulan anak lampung itu ada aksen yang khas, juga ada beberapa kosa kata yang hanya dipakai oleh kalangan remaja Lampung coi. Kata-kata kayak "kamorang. kitorang, geh" khas banget dikalangan remaja gaul Lampung. Sedikit intermezo aja ya Andika Kangen Band itu bukan representasi dari remaja-remaja Lampung pada umumnya karena hampir semua remaja remaji di Lampung itu keren-keren. kalian kenal Pevita Pearce atau Nicolas Saputra. Nah kira kira remaja lampung itu kayak Dodi Kangen Band dah. 




"Saya dan Budi memakan ubur-ubur goreng". Itu contoh pemakaian kata "saya" yang sering digunakan pas pelajaran bahasa indonesia waktu kita sd dulu. Saya itu jarang banget pake kata "saya" untuk sehari sehari kecuali untuk hal-hal yang formal. Awal awal stand up di Jogja saya masih memakai kata "gua lo" tapi seiring berjalannya waktu saya akhirnya memutuskan buat memakai kata "saya" dalam ber stand up comedy. Orang Jogja kan dikenal orangnya yang sopan sopan dan ramah. Kayaknya orang Jogja juga lebih nyaman kalo ngedenger orang ngomong pakai kata "saya kamu". Walaupun sebenernya sih orang Jogja nggak terlalu masalah dengan pemakaian kata "gua lo" ya. Paling yang nggak nyaman didenger itu kalo misalnya ada orang yang ngomongnya itu medok banget tapi sok sok sok an pake kata "gua lo" kecuali kalo maksudnya ngelucu. Dulu juga kalo nulis di blog gitu masih pake kata "gua lo" dulu kayaknya lebih nyaman aja kalo pake kata-kata itu. Tapi sekarang untuk nulis di blog ini saya lebih sering pake kata "saya" sebagai kata orang pertama. Awalnya agak kaku sih tapi lama kelamaan juga masih agak kaku. Semoga beberapa tahun lagi udah nggak kaku ya. Udah agak lemesan. :D 




Oke, sekarang kita ngebahas kata"aku". Kata aku ini biasanya digunakan buat orang-orang yang ingin menjadi lebih puitis, imut dan ca'em. Misalnya ada orang mau menyatakan cintanya maka dia akan mengatakan. "Aku cinta Citata". Nah barusan contoh orang yang ingin mengatakan cinta kepada penyanyi dangdut. Sekarang saatnya saya menyampaikan pemakaian kata "aku" dalam kehidupan saya dong dong dong ah. Ibu saya itu orang Baturaja. Kalian tau Baturaja?. Jafi Baturaja itu adalah sebuah ibukota kabupaten di Sumatera Selatan, disana terkenal dengan durennya yang kalo jatoh dari pohon kena kepala orang insya allah berdarah. Bagi orang Baturaja pemakaian kata "aku" adalah kata orang pertama ketika kita ingin berbicara dengan orang yang lebih tua. Sedangkan pemakaian kata "saya" untuk berbicara dengan orang orang yang umurnya sama atau hampir sama. Kalo ibarat bahasa jawa itu pemakaian kata "kulo dan aku". Nah ini yang sering jadi masalah. Karena kebiasaan memakai kata "aku" ke orang orang yang lebih tua ketika di Jogja saya sering keceplosan ngomong memakai kata "aku" ke orang ornag yang lebih tua. Jadinya suka dikira nggak sopan dan dibilang sok ke kota kotaan. Ya maap lah ya pak bu om tante pakle bu'le daripada saya pake bahasa Lithuania ngomong ke kalian kan tambah nggak sopan. Hshsjsididhs oslsbshsuw gwuwusjsi8d tsvshsjsi cafatatao ydvdhdjd. Nggak sopan kan. 


Oke coi itu tadi curhatan saya tentang pemakaian kata "gua, saya dan aku". Sebenernya dari penggunaan tiga kata ini, saya cukup bangga karena saya bisa melihat banyak budaya di Indonesia yang beragam. Dari penggunaan kata orang pertama aja berbeda beda. Ayo kita lestarikan bahasa di Indonesia karena masih banyak bahasa daerah yang jumlahnya beratus-ratus itu hampir mau punah. Nggak apa apa lah ya kesimpulannya nggak nyambung nyambung banget. Ayo makan ubur-ubur goreng!!!!!. 

2 comments:

  1. Keren banget Bang! Ada salam dari Bu Uswah suruh bimbingan hahaha

    ReplyDelete